6 Kebiasaan Makan yang Bikin BB Turun Lebih Cepat

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 03 Nov 2021 06:00 WIB
Buat yang Diet, Ini Minuman Rendah Kalori Penurun BB Menurut dr. Zaidul Akbar Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kebiasaan makan yang sehat dapat mempengaruhi proses menurunkan berat badan dengan cepat. Seperti mengurangi konsumsi gula hingga menambahkan banyak serat.

Berat badan ideal bisa didapatkan dari pola makan yang sehat. Seperti mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi hingga serat.

Kebiasaan makan yang dijalani juga perlu diperhatikan, seperti mengurangi makanan tinggi gula, mengatur porsi makanan, hingga mengonsumsi lebih banyak sayuran.

Dilansir dari Eat This (1/11), berikut 6 kebiasaan makanan yang dapat menurunkan berat badan.

1. Tambah Asupan Protein

Kebiasaan Makan yang Dapat Turunkan Berat BadanKebiasaan Makan yang Dapat Turunkan Berat Badan Foto: Getty Images/iStockphoto

Ada banyak makanan yang mengandung protein tinggi. Seperti telur, daging ayam, ikan, hingga aneka kacang-kacangan sebagai sumber protien nabati.

Saat diet, makanan berprotein tinggi dianjurkan untuk dikonsumsi. Selain dapat menurunkan berat badan dengan mudah, makanan berprotein juga bisa membangun massa otot. Asupan protein harian yang baik dikonsumsi sebanyak 0,36 gram per hari.

2. Mengurangi Asupan Gula

Gula, salah satu makanan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Tentu saja kalau ingin berat badan dapat turun dengan cepat, kamu harus mengurangi asupan gula.

Cara sederhananya bisa mengonsumsi teh atau kopi tanpa tambahan gula. Kamu juga bisa mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula berlebih, seperti dessert.

Baca Juga: Ikutan Salt Bae, Sisca Kohl Juga Bikin Tomahawk Steak Pakai Emas dan Truffle

3. Mengatur Porsi Makanan

Kebiasaan Makan yang Dapat Turunkan Berat BadanKebiasaan Makan yang Dapat Turunkan Berat Badan Foto: Getty Images/iStockphoto

Kalau ingin berat badan cepat turun dan tetap stabil, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah mengatur porsi makanan. Untuk menentukannya, kamu bisa menggunakan tangan sendiri.

Kamu bisa mengonsumsi makanan dengan porsi sesuai ukuran tangan. Porsi sayuran yang dikonsumsi harus sebesar kepalan tangan, lalu untuk protein sebesar telapak tangan. Sedangkan makanan mengandung lemak sebesar ibu jari.

Baca Juga: Heboh Penjual Baslok Ganteng di Bojong Gede Mirip Al Ghazali, Ini Kisahnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com