ADVERTISEMENT

Unggah Video Vulgar Makan Pisang di TikTok, Pengungsi Suriah Ini Terancam Dideportasi

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 02 Nov 2021 15:00 WIB
Unggah Video Vulgar Makan Pisang di TikTok, Pengungsi Suriah Ini Terancam Dideportasi
Foto: Insider/Site
Jakarta -

Pengungsi asal Suriah ini unggah video makan pisang di TikTok. Iapun terancam dideportasi oleh pemerintah Turki, karena videonya dianggap vulgar.

Semenjak hadirnya TikTok sebagai platform media sosial di bidang video. Banyak orang berlomba-lomba untuk menciptakan konten video TikTok yang kreatif, lucu sampai menghibur.

Tapi rupanya hal ini bisa berimbas serius bahkan mendapatkan kecaman langsung dari pemerintah, sampai orang-orang yang membuat video TikTok terancam dideportasi.

Dilansir dari Insider (02/11), hal ini lah yang dialami oleh beberapa pengungsi asal Suriah yang terancam dideportasi oleh pemerintah Turki. Semuaya berawal dari tujuh pengungsi Suriah yang ketahuan mengunggah video mereka tengah makan pisang di TikTok.

Baca Juga: Reaksi Orang Turki Buka Puasa pakai Makanan khas Indonesia" selengkapnya

Unggah Video Vulgar Makan Pisang di TikTok, Pengungsi Suriah Ini Terancam DideportasiUnggah Video Vulgar Makan Pisang di TikTok, Pengungsi Suriah Ini Terancam Dideportasi Foto: Insider/Site


Video makan pisang ini dibuat untuk meramaikan challenge atau tantangan yang ngetren di TikTok. Di mana orang-orang harus mengunggah video mereka makan pisang, dengan gaya seduktif atau menggoda penonton.

Namun hal ini justru membuat pemerintah Turki geram. Ditambah dengan banyaknya pengungsi Suriah yang mengikuti tren ini. Sampai ada beberapa orang Turki yangmengeluh lewat video, bahwa mereka tidak bisa membeli pisang. Karena semua pisang diborong oleh pengungsi Suriah, demi tren TikTok tersebut.

Tentunya video ini dibuat untuk memicu perdebatan orang-orang, bahwa hampir semua pengungsi asal Suriah hidup dalam kemewahan menggunakan uang pajak negara Turki. Di mana kini Turki tengah mengalami krisis ekonomi.

Padahal fakta ini sama sekali tak benar. Menurut data dari Centre for Economic Policy Research, ditunjukkan bahwa 45% pengungsi Suriah di Turki hidup dalam kemiskinan. Sementara 14% nya lagi hidup dalam kondisi yang sangat memprihatinkan.

Unggah Video Vulgar Makan Pisang di TikTok, Pengungsi Suriah Ini Terancam DideportasiUnggah Video Vulgar Makan Pisang di TikTok, Pengungsi Suriah Ini Terancam Dideportasi Foto: Insider/Site

Bahkan kini menurut data dari The Washington Post, setidaknya pemerintah imigrasi Turki sudah menahan 11 pengungsi dari Suriah yang mengikuti tren makan pisang di TikTok ini.

"Mereka didakwa dengan tuduhan menghasut atau mempermalukan orang-orang Turki, dengan tindakan kebencian dan permusuhan," tulis The Washington Post.

Sampai sekarang kasus makan pisang di Turki ini masih bergulir. Diketahui sebelumnya Turki, merupakan rumah bagi 3,6 juta warga Suriah yang mengungsi atau mencari suaka di sana. Banyaknya jumlah pengungsi Suriah di Turki, membuat banyak orang-orang Turki tidak suka dengan kehadiran mereka.

Baca Juga: Nasi Goreng Indonesia Jadi Tantangan di MasterChef Turki, Peserta Bingung" selengkapnya



Simak Video "Nenek Yanah, Viral Gegara Tutorial Memasak Absurd"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT