Bisa Ditiru! 5 Pola Makan Ini Bikin Imunitas Tetap Kuat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 09 Okt 2021 05:00 WIB
Apa Benar Makan Salad Bikin Kurus? Ini Kata Pelatih Kebugaran Foto: Getty Images/Xsandra
Jakarta -

Pandemi Covid-19 memang mereda, namun imunitas tubuh yang kuat tetap diperlukan. Berikut 5 pola makan yang bikin imunitas tubuh tetap kuat.

Saat ini perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia semakin terkendali. Mengutip detikhealth (8/10/21), positivity rate nasional dua pekan terakhir di bawah 2 persen. Berada di bawah angka ideal WHO yaitu 5 persen.

Jumlah kasus Covid-19 mingguan juga terus menurun dibandingkan pekan sebelumnya, hingga 35 persen. Begitu juga dengan jumlah kematian baru mingguan dari 27 September hingga 3 Oktober adalah 706, terjadi penurunan sebesar 29 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

Meski begitu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) tetap meminta cakupan vaksinasi ditingkatkan, terutama pada kalangan lansia. Selain itu, pola makan sehat juga sebaiknya tetap diterapkan individu untuk mendapat imunitas tubuh yang kuat.

Dengan sistem pertahanan tubuh yang kuat, harapannya seseorang bisa terhindar dari serangan virus Corona. Bonus lainnya, tubuh semakin bugar dan juga terhindari dari ragam penyakit lainnya.

Menjalani pola makan sehat untuk imunitas yang kuat sebenarnya tidak sulit. Fokus pada asupan vitamin C dan vitamin D adalah salah satu kuncinya.

Mengutip Eat This, Not That! (8/10/21), berikut 5 pola makan yang bikin imunitas makin kuat:

1. Banyak makan buah dan sayur

Hal nomor satu untuk menjaga imunitas tubuh adalah menjalani pola makan sehat. Ini berarti kamu harus fokus mengonsumsi bahan makanan segar, utuh, minim tambahan, dan minim olahan.

Ragam buah, sayur, sumber protein rendah lemak, dan lemak sehat sebaiknya jadi asupan sehari-hari. Disamping itu, batasi konsumsi makanan olahan dan gula tambahan.

Ahli kesehatan menyebut, konsumsi banyak jenis buah dan sayur bisa memperkuat imunitas tubuh lewat asupan dua vitamin paling penting. Keduanya adalah vitamin C dan vitamin D yang terkandung dalam makanan sehat tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com