7 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Coba Pola Makan Ini

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 07 Okt 2021 05:00 WIB
Makanan penurun tekanan darah tinggi Foto: iStock
Jakarta -

Penyakit darah tinggi juga cukup dipengaruhi asupan makanan. Terapkan tujuh pola makan ini untuk kendalikan tekanan darah yang sehat.

Beberapa penyakit memang diketahui cukup sensitif dengan asupan makanan tertentu. Jika tidak dijaga dengan baik, efeknya akan cukup untuk memperparah kondisi dan membuat kesehatan menjadi terganggu.

Terutama pada penyakit-penyakit seperti diabetes hingga darah tinggi, butuh penanganan pola makan yang tepat agar tidak berbahaya. Beberapa bahan makanan harus dihindari agar tidak memicu lonjakan tekanan darah.

Pasalnya jika tekanan darah melonjak terlalu tinggi akan sangat banyak efek buruk yang mungkin muncul. Para ahli kesehatan menyarankan beberapa penerapan pola makan yang lebih sehat untuk mengatasi tekanan darah tinggi tersebut.

Berikut ini 7 pola makan sehat untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami menurut Times of India (5/10):

Bikin Langsing dan Sehat, Diet Green Mediterania Kini Jadi TrenFoto: Getty Images/iStockphoto/Olgaorly

1. Terapkan Diet Sehat

Bagi penderita darah tinggi atau hipertensi ada sebuah pola makan tertentu yang disarankan oleh ahli kesehatan untuk diterapkan. Dikenal dengan nama Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) atau yang berarti Pendekatan Pola Makan untuk Menghentikan Hipertensi.

Pada pola makan yang satu ini, pelakunya disarankan untuk mengonsumsi makanan utuh seperti biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, serta produk susu rendah lemak. Pola makan ini telah terbukti mampu meminimalisir asupan lemak jenuh dan kolesterol sehingga dapat menurunkan tekanan darah hingga 11 mm/Hg.

2. Kurangi Konsumsi Garam

Seperti yang banyak diketahui, garam menjadi bahan makanan yang paling cepat untuk memicu tekanan darah. Mengendalikan asupan garam atau bahkan mengganti garam dengan perasa yang lebih aman untuk penderita darah tinggi sangat dianjurkan oleh ahli.

Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa garam menjadi salah satu bahan makanan yang sangat harus dihindari oleh penderita dara tinggi. Pasalnya konsumsi garam mampu meningkatkan lonjakan tekanan darah hingga 5 sampai 6 mm/Hg.

Baca juga: Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resep Jus Wortel hingga Ceker Mercon Paling Dicari Orang Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com