6 Makanan Kaya Triptofan Ini Perlu Dikonsumsi Saat 'Bad Mood'

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 26 Sep 2021 19:00 WIB
bad mood Foto: iStock
Jakarta -

Makanan yang mengandung triptofan tinggi ternyata dapat membantu memperbaiki suasana hati atau mood seseorang. Seperti telur, salmon, hingga produk susu.

Suasana hati yang buruk atau mood swing biasanya terjadi karena beberapa faktor. Bisa dikarenakan stres, kelelahan, gangguan kepribadian, hingga masalah penyakit kronis. Kalau ingin meningkatkan mood seseorang bisa dengan mengonsumsi makanan kaya triptofan.

Triptofan adalah asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Zat ini biasa diperoleh melalui makanan yang bersumber dari protein hewani atau nabati, dikutip dari WebMD (21/9).

Makanan yang mengandung triptofan perlu dikonsumsi. Karena makanan tersebut dapat memproduksi lebih banyak serotonin dalam tubuh. Zat serotonim ini sering dikaitkan dengan perasaan senang seseorang. Kadar serotonin yang cukup dapat membuat seseorang merasakan tenang, lebih fokus, serta mengurangi rasa cemas, seperti dikutip dari Insider (16/9).

Ada beberapa makanan kaya triptofan yang mudah ditemui dan harganya relatif murah. Seperti telur, salmon, hingga produk susu yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan mood.

Berikut 6 makanan kaya triptofan untuk meningkatkan mood.

1. Telur

Makanan kaya triptofan untuk meningkatkan moodMakanan kaya triptofan untuk meningkatkan mood Foto: Getty Images/iStockphoto

Telur banyak dikenal mengandung protein yang tinggi. Biasanya dikonsumsi untuk menjaga imunitas tubuh hingga menurunkan berat badan.

Selain protein, telur juga kaya akan triptofan. Ada juga kandungan vitamin A, vitamin B12,hingga selenium. Kalau mengonsumsi telur secara rutin, maka bisa meningkatkan mood atau suasana hati seseorang.

Baca Juga: Sultan! 5 Restoran Padang Termahal di Jakarta Ini Harganya Bikin Kantong Kempes

2. Salmon

Salmon, salah satu jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Ikan laut ini juga kaya akan protein dan mineral yang penting dibutuhkan oleh tubuh.

Ikan yang dapat diolah menjadi sashimi atau steak ini juga mengandung triptofan yang tinggi. Kamu bisa mengonsumsinya saat suasana hati atau mood sedang buruk.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Sandwich Sapi Teriyaki"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com