7 Makanan Nabati Tinggi Protein yang Murah dan Bisa Perkuat Imun Tubuh

Devi Setya - detikFood Kamis, 23 Sep 2021 14:30 WIB
Racikan Kopi Campur Susu Kedelai Bikin Wajah Awet Muda Foto: Getty Images/iStockphoto

3.Buncis


Buncis juga termasuk jenis kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi. Sayuran ini mengandung sekitar 15 gram protein per cangkir yang dimasak (240 ml).

Buncis juga merupakan sumber karbohidrat kompleks, serat, zat besi, folat, fosfor, kalium, mangan, dan beberapa nutrisi lain yang bermanfaat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan dapat menurunkan kolesterol, membantu mengontrol kadar gula darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi lemak perut.

4. Kacang hijau


Sekitar 240 gram kacang hijau matang mengandung 9 gram protein. Kandungan protein pada kacang hijau bahkan lebih tinggi dibandingkan segelas susu.

Terlebih lagi, konsumsi satu porsi kacang hijau mampu memenuhi lebih dari 25% kebutuhan serat harian, vitamin A, C, K, tiamin, folat, dan mangan. Kacang hijau juga merupakan sumber zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, dan beberapa vitamin lain.

5. Kacang Polong


Kacang berwarna hijau ini sering dijadikan side dish. Tapi siapa sangka, satu cangkir kacang polong mengandung 9 gram protein. Kacang polong juga mengandung serat, vitamin A, C, K, asam folat, zat besi dan masih banyak lagi.

Selain bisa disantap langsung, kacang polong juga biasa dicampurkan dalam nasi goreng, sup atau disantap sebagai pelengkap saat makan steak. Rasanya enak dan bisa jadi pilihan camilan sehat sehari-hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tinggi Protein, Begini Cara Mengolah Ikan Nila!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com