7 Makanan Tinggi Vitamin D Ini Bisa Bikin Imunitas Makin Kuat

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 10 Sep 2021 13:00 WIB
raw salmon fillet Foto: Getty Images/iStockphoto/margouillatphotos
Jakarta -

Asupan vitamin D sangat dibutuhkan tubuh untuk menguatkan imunitas. Tujuh makanan ini direkomendasikan guna memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

Mencukupi kebutuhan nutrisi, vitamin, dan mineral harian sangat direkomendasikan pada saat pandemi. Vitamin, nutrisi dan mineral ini dibutuhkan guna membantu tubuh memproduksi imun untuk mencegah serangan virus Covid-19 yang mungkin masuk ke dalam tubuh.

Salah satu dari vitamin yang paling dibutuhkan adalah vitamin D. Vitamin D memiliki peran untuk menguatkan tulang, menguatkan imunitas, serta mengendalikan fungsi normal hormon. Vitamin D alami banyak terkandung pada sinar matahari.

Tetapi vitamin D juga ada yang dibuat dalam bentuk suplemen berbagai dosis yang bisa dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Adapun kebutuhan vitamin D harian orang dewasa berkisar 600-700 IU per hari. Vitamin D ini secara alami juga bisa didapatkan melalui konsumsi beherapa jenis makanan tinggi vitamin D yang direkomendasikan ahli.

Berikut ini 7 makanan tinggi vitamin D menurut Good House Keeping (13/4):

Raw Organic Baby Button Mushrooms Ready to Cook WithFoto: iStock

1. Jamur

Bukan hanya punya rasa umami dan kandungan antioksidan yang kuat, jamur juga diakui sebagai sumber makanan nabati yang penuh dengan vitamin D. Jamur bahkan sangat direkomendasikan untuk para pelaku vegan sebagai sumber asupan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

Pada 64 gram jamur putih dikatakan memiliki 366 IU vitamin D yang bahkan memenuhi hingga setengah dari kebutuhan harian tubuh akan vitamin D. Jamur juga sangat disarankan untuk ditambahkan dalam menu sarapan, makan siang hingga makan malam agar makanan yang disajikan lebih bernutrisi.

2. Telur

Telur menjadi makanan murah dengan sumber kualitas protein yang begitu tinggi. Telur yang ditambahkan dalam setiap menu makanan atau dinikmati saat sarapan diakui dapat menambahkan gizi dan nutrisi dalam makanan.

Pada sebuah kuning telur terdapat 44 IU vitamin D atau setara dengan 6% dari kebutuhan vitamin D harian. Para ahli begitu menyarankan untuk meningkatkan rutinitas konsumsi telur, termasuk bagian kuning telur, untuk meningkatkan kekebalan imun terutama di masa pandemi.

Baca juga: Vitamin D Penting untukCovid-19, Ini 5 Makanan yang Mengandung Vitamin D

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Susu Kambing di Purwakarta Jadi Buruan Warga untuk Tingkatkan Imun"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com