5 Seafood Tinggi Vitamin D dan Kalsium, Baik untuk Kuatkan Imun Tubuh

Devi Setya - detikFood Senin, 02 Agu 2021 08:00 WIB
Ilustrasi Ikan Sarden Foto: iStock
Jakarta -

Banyak sumber nutrisi yang mampu menguatkan sistem imun, termasuk vitamin D dan kalsium. Dua nutrisi ini terkandung dalam beragam seafood.

Selama ini vitamin D dan kalsium dikenal memiliki fungsi untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Padahal vitamin D dan kalsium juga berperan untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah paparan virus Covid-19.

Dalam sehari, orang dewasa membutuhkan 1000 mg kalsium dan 200 IU vitamin D. Nutrisi ini bisa dipenuhi lewat berbagai asupan makanan, salah satunya aneka seafood, mulai dari ikan hingga cumi-cumi.

Dilansir dari HealthLine (1/8) Vitamin D memiliki fungsi antiinflamasi yang membantu meredakan peradangan. Vitamin D juga secara alami mencegah paparan virus karena sifatnya sebagai antivirus.

Vitamin D mengurangi respons inflamasi terhadap infeksi SARS-CoV-2 atau virus Covid-19, vitamin D mampu berinteraksi dengan protein angiotensin-converting-enzyme 2 (ACE2) sebagai reseptor masuknya virus Covid-19. Vitamin D juga turut mencegah berbagai infeksi pada saluran pernapasan seperti tuberkulosis paru dan influenza.

Berbagai makanan bisa menjadi sumber vitamin D dan kalsium termasuk jenis seafood seperti ikan salmon, ikan teri, udang hingga cumi-cumi.

Berikut beberapa jenis seafood yang bisa jadi sumber vitamin D sekaligus kalsium untuk perkuat imun tubuh.

1. Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, ikan salmon memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Dalam 180 gram ikan salmon mengandung 181 mg kalsium.

Tak hanya kalsium, ikan berdaging oranye ini juga sumber vitamin D dan fosfor. Peran fosfor dalam tubuh yakni untuk meningkatkan penyerapan kalsium. Dalam 100 gram ikan salmon mengandung 526 IU vitamin D.

Ikan salmon juga tergolong sebagai superfood yang membantu menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi dan tulang rahang. Untuk menjaga nutrisinya, ikan salmon direkomendasikan untuk disantap dalam keadaan mentah atau segar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Ikan Sukang Bakar Rica, Nikmatnya Tak Terlupakan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com