5 Fakta Ciplukan, Buah Eksotis Kaya Manfaat untuk Tingkatkan Imunitas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 22 Sep 2021 15:00 WIB
5 Fakta Ciplukan, Buah Eksotis Kaya Manfaat untuk Tingkatkan Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto/Gwengoat
Jakarta -

Ciplukan adalah buah eksotis yang mudah ditemui di Indonesia. Bentuknya bulat kecil berwarna kuning. Buah ini punya fakta menarik, termasuk manfaatnya untuk imunitas.

Ciplukan memiliki nama latin Physalis angulata dan Physalis minima. Sebutannya pun ada banyak di berbagai daerah Indonesia. Mulai dari cecendet, yor-yoran, hingga keceplokan.

Sementara di luar negeri, buah ini dikenal dengan nama groundcherry, morel berry, atau golden berry. Disebut 'golden' karena warna buahnya seperti emas dengan dominasi kuning kehijauan.

Ciplukan memiliki rasa manis asam yang khas. Beberapa orang menyamainya dengan paduan rasa nanas dan mangga. Biasanya ciplukan dimakan sebagai camilan atau diolah jadi selai.

Belakangan ini ciplukan tengah naik daun. Bentuknya yang cantik dan rasanya yang unik membuat ciplukan juga kerap digunakan sebagai dekorasi kue.

Fakta menarik lainnya, ciplukan adalah buah kaya manfaat sehat. Salah satu manfaatnya bahkan bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Mengutip Healthline (21/9), berikut 5 fakta ciplukan yang menarik disimak:

1. Nutrisi buah ciplukan

Tiap 100 gram buah ciplukan mengandung kalori sedang yaitu 74 kkal. Sebagian besar berasal dari kandungan karbohidrat. Untuk seratnya cukup tinggi yaitu 6 gram atau memenuhi 20% kebutuhan serat harian.

Berikut profil nutrisi ciplukan dalam tiap 100 gram:Kalori: 74
Karbohidrat: 15.7 gram
Serat: 6 gramProtein: 2.7 gramLemak: 1 gram
Vitamin C: 21% recommended dietary intake (RDI) untuk perempuan dan 17% untuk laki-laki
Thiamine: 14% RDI untuk perempuan dan 13% RDI untuk laki-laki
Vitamin A: 7% RDI untuk perempuan dan 6% untuk laki-laki
Zat besi: 8% RDI untuk perempuan dan 18% untuk laki-laki

Selain itu, ciplukan juga mengandung beta carotene dalam jumlah tinggi dan vitamin K. Sedikit kalsium juga terkandung dalam buah eksotis ini.

2. Kaya antioksidan

5 Fakta Ciplukan, Buah Eksotis Kaya Manfaat untuk Tingkatkan Imunitas5 Fakta Ciplukan, Buah Eksotis Kaya Manfaat untuk Tingkatkan Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto/Gwengoat

Di balik tampilannya yang cantik dan rasanya yang manis enak, ciplukan ternyata sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan sendiri berperan melawan kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

Karenanya ciplukan juga dikaitkan dengan manfaatnya untuk cegah kanker. Senyawa fenolik dalam ciplukan rupanya terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan usus besar dalam penelitian tabung reaksi.

Kemudian penelitian tabung reaksi lain mengungkap, ekstrak ciplukan ditemukan dapat meningkatkan kehidupan sel, sekaligus mencegah pembentukan senyawa yang menyebabkan kerusakan oksidatif.

Selain buahnya, kulit buah ciplukan juga mengandung antioksidan. Jumlahnya bahkan hampir 3 kali lipat dari daging buahnya. Pastikan pilih ciplukan dalam keadaan matang sempurna untuk mendapat asupan antioksidan yang banyak dan maksimal jumlahnya.

3. Ciplukan untuk tingkatkan imunitas

Di tengah pandemi Covid-19, imunitas tubuh yang kuat sangat diperlukan. Salah satu sumbernya bisa dengan mengonsumsi ciplukan. Penelitian tabung reaksi mengungkap kaitan konsumsi ciplukan dengan imunitas tubuh.

Penelitian pada sel manusia mencatat bahwa ciplukan bantu mengatur sistem imun tubuh. Ciplukan mengandung banyak polifenol yang menghalangi pelepasan penanda kekebalan inflamasi tertentu.

Selain itu, ciplukan juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Tiap 140 gramnya mengandung 15,4 mg vitamin C. Jenis vitamin ini terbukti punya peran penting dalam menciptakan imunitas tubuh yang kuat.

4. Sehatkan tulang dan daya lihat

5 Fakta Ciplukan, Buah Eksotis Kaya Manfaat untuk Tingkatkan Imunitas5 Fakta Ciplukan, Buah Eksotis Kaya Manfaat untuk Tingkatkan Imunitas Foto: Getty Images/iStockphoto/Gwengoat

Ciplukan tinggi vitamin K, jenis vitamin larut lemak yang berperan dalam metabolisme tulang. Vitamin K penting untuk mengoptimalkan kesehatan tulang dan bisa dikonsumsi bersamaan vitamin D.

Untuk penglihatan, ciplukan juga punya manfaat hebat. Kandungan lutein dan beta carotene di dalamnya mampu menjaga kesehatan mata. Apalagi lutein yang terkenal dengan kemampuannya mencegah penyakit mata. Lutein juga terbukti bantu melindungi kehilangan penglihatan akibat diabetes.

5. Cara mengonsumsi ciplukan

Ada banyak cara enak mengonsumsi ciplukan. Buah ini dijual dalam keadaan segar di supermarket atau penjual buah online. Biasanya dikemas dalam kotak plastik kokoh dengan bagian 'tudung' atau kulitnya masih menyertai.

Ciplukan enak dimakan langsung sebagai camilan sehat. Bisa juga dijadikan isian salad, campuran smoothies, atau diolah sebagai saus dan selai. Tak kalah enak, ciplukan jadi topping yogurt dan granola yang menyehatkan.

Beberapa pembuat kue juga memanfaatkan ciplukan sebagai topping/dekorasi yang menarik. Ciplukan mudah dibeli di toko online. Harga per 300 gramnya sekitar Rp 30 ribu.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com