Perlu Diketahui, Ini 7 Fungsi dan Manfaat Protein dalam Tubuh

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 18 Sep 2021 06:00 WIB
7 makanan sumber protein selain daging sapi
Foto: iStock

5. Memelihara tingkat keasaman dalam tubuh


Protein berperan penting dalam mengatur konsentrasi asam, basa, dan cairan tubuh lainnya. Tubuh memerlukan tingkat keasaman yang konstan dan sesuai kebutuhan tiap saat.

Sedikit perubahan tingkat keasaman bisa berbahaya bagi tubuh hingga berisiko menimbulkan kematian. Misal hemoglobin yang menyusun sel darah merah pada tubuh. Hemoglobin hanya perlu sedikit asam untuk memelihara tingkat keasaman dalam tubuh.

Terlalu banyak asam berisiko mengganggu fungsi hemoglobin untuk memproduksi sel darah merah. Tingkat keasaman yang terlalu tinggi juga berisiko mengganggu fungsi dan transportasi darah ke seluruh tubuh.

Makanan Tinggi Protein untuk Gangguan PernapasanPerlu Diketahui, Ini 7 Fungsi dan Manfaat Protein dalam Tubuh Foto: iStock

6. Diperlukan dalam reaksi biokimia

Protein menyusun enzim yang terlibat di berbagai reaksi biokimia dalam sel tubuh. Reaksi biokimia inilah yang memungkinkan tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Beberapa fungsi tubuh yang bergantung pada enzim adalah pencernaan, produksi energi, pembekuan darah, dan kontraksi otot. Kekurangan protein berdampak pada produksi enzim yang pada akhirnya berisiko mengganggu fungsi tubuh.

7. Menyimpan dan memindahkan nutrisi

Protein mampu membawa berbagai jenis nutrisi dan substansi melalui aliran darah ke dalam, luar, atau antar sel. Misal protein hemoglobin membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh.

Fungsi protein lainnya adalah menyimpan aneka jenis nutrisi yang berguna bagi tubuh. Misal, protein ferritin yang menyimpan besi serta casein dalam susu yang membantu pertumbuhan bayi dan anak.


(dvs/odi)