Ini 7 Makanan yang Ampuh Meredakan Sakit Kepala

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 15 Sep 2021 06:00 WIB
Asian girl with surgical mask felling dizziness Foto: Getty Images/iStockphoto/TAO EDGE
Jakarta -

Sakit kepala dapat dipicu karena kurang tidur, telat makan, bahkan saat sedang stres. Untuk meredakannya bisa dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Sakit kepala dapat terjadi kepada siapapun. Gejala sakit kepala yang biasa dialami ada rasa nyeri di sekitar kepala dan bisa menyebar ke wajah hingga bahu.

Salah satu obat yang ampuh meredakan sakit kepala adalah obat yang mengandung paracetamol. Tetapi sebelum menelan obat, ada baiknya kamu mengonsumsi makanan alami yang ampuh meredakan sakit kepala, seperti rekoemndasi Everyday Health (6/4) ini.

Di antaranya ada buah-buahan seperti pisang, semangka, hingga buah berry. Lalu, kamu juga bisa mengonsumsi jamur, hingga teh herbal.

Berikut 7 makanan yang ampuh meredakan sakit kepala.

1. Pisang

Pisang Dikenal Sebagai Makanan di Surga, Ini KeistimewaannyaPisang Foto: iStock

Pisang, salah satu buah yang banyak mengandung nutrisi penting. Seperti karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat, kalium, dan magnesium.

Kandungan magnesium pada pisang ternyata dapat membantu dalam meredakan sakit kepala. Hal ini juga dijelaskan oleh ahli nutrisi Wynne Brown, "Pisang adalah makanan yang tepat untuk memulihkan energi, dan kandungan magnesiumnya juga tinggi, di mana dapat memabntu seseorang yang mengalami sakit kepala."

Brown juga menjelaskan kalau pisang mengandung air yang tinggi sebanyak 74 persen. Sehingga pisang baik dikonsumsi untuk menghidrasi tubuh.

2. Semangka

Fresh sliced watermelon wooden  old backgroundFresh sliced watermelon wooden old background Foto: iStock

Buah yang mengandung banyak air dapat membantu dalam menjaga hidrasi pada tubuh. Seperti semangka yang di dalamnya mengandung air sebanyak 92 persen.

Tubuh yang terhidrasi dengan cukup juga dapat meningkatkan semua aspek kesehatan, termasuk terhindar dari sakit kepala. Karena dehidrasi atau kekurangan cairan juga salah satu penyebab sakit kepala atau migrain.

Baca Juga: Mencicipi Sayap Panggang Pedas Manis Buatan Pilot Tampan yang Lagi Viral!

3. Biji dan Kacang

Biji-bijian dan kacang-kacangan tak hanya dikenal mengandung protein yang tinggi, tapi juga kaya akan magnesium. Sarah Thomsen Ferreira seorang ahli diet menyarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan magnesium tinggi untuk meredakan sakit kepala.

Biji-bijian yang dapat dikonsumsi seperti biji labu dan chia. Untuk kacang-kacangan, Ferreira menyarankan untuk mengonsumsi kacang mede. Biji-bijian dan kacang-kacangan juga diketahui mengandung serat yang baik untuk mencegah sembelit yang dapat menyebabkan sakit kepala.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com