Orang Malaysia Ini Kaget Saat Pertama Kali Makan Nasi Padang di Indonesia

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 14 Sep 2021 11:30 WIB
nasi kapau langganan Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta -

Berbeda dengan konsep nasi Padang di Malaysia. Pria asal Malaysia ini sempat terkejut saat diajak makan nasi Padang di Indonesia untuk pertama kalinya.

Meski serumpun, tapi banyak perbedaan budaya antara Malaysia dan Indonesia. Salah satunya perbedaan budaya makan yang walaupun serupa tapi ternyata tidak sama.

Di Malaysia sendiri, nasi Padang merupakan salah satu makanan yang populer.Termasuk dalam hidangan khas Melayu, tak sulit menemukan nasi Padang di Malaysia hingga Singapura.

Baca Juga: 5 Mie Enak Khas Malaysia yang Patut Dicicipi Penggemar Mie


Tapi ternyata nasi Padang di Malaysia berbeda konsep dengan nasi Padang di negara aslinya, yaitu Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh pengguna TikTok @zakwanrahpal_ (13/09), yang tinggal di Indonesia.

Orang Malaysia Ini Kaget Saat Pertama Kali Makan Nasi Padang di IndonesiaOrang Malaysia Ini Kaget Saat Pertama Kali Makan Nasi Padang di Indonesia Foto: TikTok @zakwanrahpal_

Saat pertama kali baru pindah ke Indonesia, Zakwan iseng makan nasi Padang di salah satu restoran Padang. Di sana ia terkejut, ketika pelayan membawakan semua menu makanan ke atas mejanya padahal dia belum pesan apa-apa.

"Pertama kali makan nasi Padang di Indonesia, saya deg-degan banget. Soalnya belum pesan makanan tapi, makananya udah penuh semeja. Gimana caranya saya bisa bayar semua makanan ini?" cerita Zakwan dengan wajah paniknya.

Untungnya pelayan restoran Padang itu menjelaskan bahwa semua makanan itu tidak perlu dibayar. Makanan yang akan dihitung hanyalah makanan yang diambil Zakwan saja.

"Rupanya konsepnya itu apa yang kita makan itu yang kita bayar. Sebenarnya di Malaysia juga banyak rumah makan Padang, cuma saya aja yang jarang makan di sana," lanjutnya.

Pengalaman makan nasi Padang tak hanya berhenti disitu saja. Zakwan lanjut bercerita bahwa ia cukup terkejut saat dibawa ke restoran Padang yang memiliki harga mahal.

Orang Malaysia Ini Kaget Saat Pertama Kali Makan Nasi Padang di IndonesiaOrang Malaysia Ini Kaget Saat Pertama Kali Makan Nasi Padang di Indonesia Foto: TikTok @zakwanrahpal_

"Pertama kali saya makan nasi Padang itu, saya makannya di restoran Pagi Sore. Setelah makan dan mau bayar, terkejut pas lihat billnya," tutur Zakwan yang kaget melihat bill total Rp 1 juta untuk makan nasi Padang tiga orang.

"Pas mau bayar, tapi kata teman saya memang harganya segitu untungnya bukan saya yang bayar kan," pungkasnya sambil tersenyum senang. Kisah Zakwan ini berhasil mengundang banyak komentar beragam dari netizen Indonesia dan Malaysia.

"Harga nasi Padang di Jakarta memang mahal. Tapi kalau makan di Sumatera langsung, harganya sangat berbeda jauh," komen @denis**.

"Tapi bagus lah. Nyobain nasi Padang pertama kali langsung di tempat terenak," sambung @pablo**.

"Padahal di Malaysia, terutama di Kuala Lumpur banyak yang jual nasi Padang. Malah enak-enak banget di sana makanan Minang, murah meriah," tulis @blab**.

"Besok-besok cari warung Nasi Padang yang Rp 10 ribu Bang. Oh iya pesen ayam bakar pake sayur sama sambel, nasinya banyakin ya Bang," saran @watituya.

Selain membahas nasi Padang, Zakwan juga membahas tentang ayam penyet, telur gulung dan makanan khas Indonesia lainnya.Baca Juga: 5Camilan Manis Malaysia yang Populer Ini, Semua Ada di Indonesia



Simak Video "Bikin Laper: Sop Daging di Restoran Padang Hidden Gem yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com