5 Camilan Manis Malaysia yang Populer Ini, Semua Ada di Indonesia

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 31 Agu 2021 12:30 WIB
is it typical of Indonesia, that can be classified as a pancake filled with grated coconut is mixed with liquid sugar. This content is called a unit. Foto: iStock
Jakarta -

Disebut sebagai serumpun, banyak budaya hingga kuliner tradisional Malaysia yang sama seperti di Indonesia. Seperti camilan manis Malaysia, yang semuanya bisa ditemukan di Indonesia.

Letaknya berdekatan, hubungan Malaysia dan Indonesia tak ubahnya seperti hubungan kakak-adik yang penuh warna. Meski sering kali warga Malaysia dan Indonesia berdebat karena masalah budaya, tradisi hingga asal-usul makanan.

Namun akhirnya perbedaan ini tetap membuat negara Malaysia dan Indonesia seperti saudara kembar.Termasuk camilan manis tradisional yang jadi favorit orang Malaysia. Hampir semua makanan manis di Malaysia bisa ditemukan di Indonesia, yang membedakannya hanya nama dan sebutan saja.

Dilansir dari Taste Atlas dan sumber lainnya (30/08), berikut lima camilan manis favorit orang Malaysia yang bisa ditemukan di Indonesia.

Baca Juga: Ini Beda Ragam Sate dari Indonesia dan Malaysia


1. Kuih Serimuka

Aneka Kue khas Banjarmasin yang AutentikAneka Kue khas Banjarmasin yang Autentik Foto: dok. detikFood

Kuih Serimuka termasuk ke dalam jajaran pencuci mulut atau kudapan manis yang digemari di Malaysia. Di Indonesia sendiri, namanya lebih familiar dengan sebutan Kue Sarimuka, hanya beda ejaan saja tapi bahan dan rasanya hampir identik sama.

Kuih Serimuka terdiri dari dua layer atau lapisan yang berbeda. Bagian bawah kue brupa beras ketan yang dikukus dengan santan. Kemudian bagian atas berupa srikaya yang dibuat dari telur, santan kental, tambahan gula dan garam.

Nah, kalau di Indonesia sendiri Kue Sarimuka biasanya dibuat menggunakan tambahan daun suji atau pandan untuk gradasi warna hijaunya. Rasanya pulen dan lembut manis dari srikaya. Kue ini berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang dulunya dijadikan sebagai jajanan pasar.

Baca Juga: Maya Canteen : Legitnya Sarimuka dan Amparan Tatak Khas Banjarmasin


2. Es Cendol

Ice cendol is Indonesian traditional beverage.Ice cendol is Indonesian traditional beverage. Foto: iStock

Es cendol jadi jajanan kaki lima favorit di Malaysia dan Indonesia. Bahkan karena cendol, Malaysia sempat rebutan dengan Singapura karena asal-usul cendol yang diklaim oleh masing-masing negara.

Minuman atau dessert yang satu ini cukup unik, dan populer di Asia Tenggara. Cendol dibuat dari olahan tepung beras yang dibentuk pakai penyaring. Kemudian disajikan dengan siraman air gula dan tambahan santan legit.

Agar rasa lebih enak, biasanya ditambahkan topping es serut. Kalau di Malaysia, cendolnya dilengkapi kacang merah dan bentuknya lebih pipih. Sementara cendol di Indonesia lebih sederhana, dan terkadang ditambahkan sirup gula aren dan nangka.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com