Maya Canteen : Legitnya Sarimuka dan Amparan Tatak Khas Banjarmasin

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 14 Agu 2020 17:01 WIB
Aneka Kue khas Banjarmasin yang Autentik Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
Jakarta -

Dijuluki kota seribu sungai, Banjarmasin punya beragam kue tradisional yang enak. Seperti amparan tatak, sarimuka, hingga bingka kelapa yang gurih manis.

Terletak di Kalimantan Selatan, Banjarmasin terkenal dengan kuliner tradisionalnya yang beragam. Tak hanya Soto Banjar saja, aneka kue tradisionalnya pun wajib untuk dicoba.

Baca Juga: Dari Banjarmasin? Bawa Amplang hingga Rabuk Ikan Buat Buah Tangan

Kini tak perlu jauh-jauh pergi ke Banjarmasin untuk bisa mencicipi kue khas Banjar yang autentik. Lewat Instagram @mayacanteen yang berlokasi di Bekasi, bisa pesan aneka kue Banjar dengan mudah.

Aneka Kue khas Banjarmasin yang AutentikAneka Kue khas Banjarmasin yang Autentik Foto: detikFood

"Di Maya Canteen, semua kue masih menggunakan pakem tradisional. Jadi bahan yang digunakan pun tanpa pengawet atau pemanis buatan. Rasanya juga masih mempertahankan ciri khas kue-kue dari Banjarmasin langsung," jelas Emilia Risna selaku pemilik Maya Canteen.

Dari sekian banyak kue khas Banjar, yang paling populer ada Bingka Kelapa Muda (Rp 65.000), Amparan Tatak (Rp 75.000) dan Sarimuka Pandan (Rp 70.000). Harga yang tertera untuk satu loyang kue yang bisa dinikmati 4-5 orang.

Penasaran dengan rasanya kami langsung mencicipi kue yang pertama, Sarimuka Pandan. Kue yang satu ini memiliki warna hijau cerah dari daun suji dan daun pandan. Aroma pandannya harum tercium ketika kue dipotong.

Aneka Kue khas Banjarmasin yang AutentikAneka Kue khas Banjarmasin yang Autentik Foto: dok. detikFood

"Kalau Sarimuka Pandan itu kue yang wajib ada dalam acara atau pernikahan di Banjarmasin. Dikenal juga dengan nama Wadai Sarimuka. Bahan utamannya menggunakan beras ketan yang dicampur dengan santan dan garam lalu dikukus selama sejam, ditambah dengan serikaya di atasnya," jelas Emilia.

Tekstur dari Sarimuka ini cukup padat dengan gradasi warna daun suji yang natural. Di bagian atas ketan, ada serikaya yang dibuat dari telur, santan kental, gula dan sedikit garam. Ketiga digigit tekstur ketannya legit pulen berpadu sempurna dengan Srikaya yang lembut.

Aneka Kue khas Banjarmasin yang AutentikAneka Kue khas Banjarmasin yang Autentik Foto: dok. detikFood

Rasanya tidak terlalu manis karena ada jejak gurih dari penggunaan garam khas pakem kue jadul. Srikayanya lembut dan legit dan tidak tercium aroma amis dari telur. Karena memakai beras ketan, makan satu potong sarimuka cukup memuaskan.

Bingka Kelapa Muda, salah satu kue ikonik khas Banjarmasin yang cukup populer. Kue yang dipanggang ini tampilannya mirip bolu panggang dengan serpihan kelapa muda di atasnya.

Aneka Kue khas Banjarmasin yang AutentikAneka Kue khas Banjarmasin yang Autentik Foto: dok. detikFood

"Jika sarimuka dikukus, kalau kue bingka ini dipanggang atau dibakar menggunakan api yang sangat kecil selama kurang lebih satu jam," tutur Emilia yang sudah 25 tahun menekuni kuliner khas Banjar.

Meski namanya bingka kelapa muda, tapi untuk adonannya masih menggunakan kentang rebus yang dihaluskan, santan, gula dan garam. Bagian luarnya sedikit cokelat dan kering. Ciri khas dari kue ini memang terletak pada teksturnya yang lembut dan sedikit berlemak.

"Di dalam adonan bingka kita pakai daging buah kelapa muda. Kemudian bagian atasnya juga kita tambahkan suwiran dari kelapa muda sebagai toppingnya," lanjutnya.

Aneka Kue khas Banjarmasin yang AutentikAneka Kue khas Banjarmasin yang Autentik Foto: dok. detikFood

Rasa bingka ini gurih agak kering sementara tekstur bingkanya lembut diselingi serutan daging kelapa muda yang renyah gurih. Sayangnya bingkanya sedikit berair mungkin dari kelapa muda yang mengeluarkan air saat dipanggang. Tapi itu semua tidak mempengaruhi rasa legit manisnya bingka ini.

Terakhir kami mencoba Amparan Tatak, kue khas Banjar kembaran Nagasari. Berbeda dengan Nagasari yang dibungkus dengan daun pisang, amparan tatak dicetak dalam loyang kotak.

Aneka Kue khas Banjarmasin yang AutentikAneka Kue khas Banjarmasin yang Autentik Foto: dok. detikFood

"Jadi orang Banjarmasin itu paling suka makan amparan tatak. Kenapa namanya amparan tatak? Karena diambil dari kata 'hamparan' dan 'tatak' yang artinya potong. Jadi ini bisa dibilang kue pisang yang dihampar dan dipotong-potong," ungkap Emilia yang asli orang Banjarmasin.

Mirip seperti nagasari, kue ini juga dibuat dari adonan tepung beras dan santan, dan potongan pisang yang legit di bagian tengahnya. Kemudian dikukus selama sejam.

Aneka Kue khas Banjarmasin yang AutentikAneka Kue khas Banjarmasin yang Autentik Foto: dok. detikFood

Ketika dipotong tekstur dari amparan tatak ini sangat lembut tapi tidak mudah hancur. Bagian dalamnya dipenuhi potongan pisang barangan atau pisang khas Medan yang legit.

Rasa adonan tepung beras yang tak terlalu manis, ditambah dengan rasa manis dari pisang Medan menghasilkan rasa legit yang pas. Cocok untuk teman ngeteh atau ngemil di sore hari.

Selain tiga kue di atas, Maya Canteen juga menjual makanan dan kue Banjar lainnya. Seperti Putri Selat, Hula-hula, Ruti Pisang, Untuk-untuk, Ketupat Kandangan, Lontong Orari, Buras, hingga Soto Banjar.

Untuk pemesanan kue karena slotnya terbatas, bisa dilakukan H-2 sebelum pengiriman ya.


Maya Canteen
Bekasi, Jawa Barat.
Pemesanan via WA: 08134785508
Instagram: @mayacanteen



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni