Kuliner Mudik dan Lebaran

Dari Banjarmasin? Bawa Amplang hingga Rabuk Ikan Buat Buah Tangan

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 08 Jun 2019 13:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sebelum meninggalkan Banjarmasin, jangan lupa beli oleh-oleh khas dari sana. Ada rabuk ikan, dodol kandangan, ikan seluang, hingga amplang.

Terletak di Kalimantan Selatan, kota Banjarmasin menawarkan kuliner tradisional yang enak. Tak hanya makanannya saja, oleh-oleh dari sana pun tak kalah menarik. Berikut makanan dari Banjarmasin yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

Baca Juga: Sebelum Tinggalkan Banyuwangi, Beli Dulu 5 Oleh-oleh Enak Ini!


1. Amplang

Dari Banjarmasin? Bawa Amplang hingga Rabuk Ikan Buat Buah TanganFoto: Istimewa

Kerupuk ikan tak hanya populer di Palembang saja, Banjarmasin juga punya kerupuk ikan yang tak kalah populer. Kerupuk ikan dikenal dengan nama Ampang, biasanya menggunakan beberapa jenis ikan tawar yang ada di wilayah Sungai Martapura, salah satunya ikan pipih.

Bentuk kerupuk ini bulat kecil, rasanya gurih dengan tekstur renyah. Rasa dari adonan ikannya begitu terasa, cocok untuk camilan atau sebagai pelengkap ketika makan. Nama lain dari kerupuk ini 'kuku macan'.


2. Rabuk Ikan

Dari Banjarmasin? Bawa Amplang hingga Rabuk Ikan Buat Buah TanganFoto: Istimewa

Bagi para penggemar abon, jangan tinggalkan kota Banjarmasin tanpa membeli rabuk ikan. Oleh-oleh yang satu ini merupakan abon yang dibuat dari ikan haruan atau ikan gabus, dan jenis ikan tawar yang banyak ditemukan di Banjarmasin. Rasanya gurih dan enak.

Rabuk ikan ini bisa disantap dengan nasi putih hangat, atau dengan lauk lainnya. Hampir di setiap toko oleh-oleh, rabuk ikan ini jadi salah satu makanan yang paling laris.


3. Kue Rangai

Dari Banjarmasin? Bawa Amplang hingga Rabuk Ikan Buat Buah TanganFoto: Istimewa

Tak lengkap rasanya pulang dari Banjarmasin tanpa membeli wadai rangai atau kue rangai, yang terbuat dari sagu. Kue khas Banjarmasin ini memiliki rasa yang gurih, di tambah dengan rasa manis. Kue ini sudah ada sejak dulu, terutama pada acara adat dan hari besar lainnya.

Kini kue rangai jadi oleh-oleh yang populer. Selain menggunakan sagu, kue ini juga dicampur dengan kelapa sehingga cocok untuk jadi teman teh.


4. Dodol Kandangan
Dari Banjarmasin? Bawa Amplang hingga Rabuk Ikan Buat Buah TanganFoto: Istimewa

Kota Garut populer dengan dodolnya yang khas. Begitu juga dengan Banjarmasin, yang punya dodol kandangan dan berbeda dengan jenis dodol lainnya.

Dodol yang satu ini terbuat dari beras ketan, yang dicampur dengan gula aren. Teksturnya lembut, rasanya legit manis, dan lumer di mulut. Selain rasa gula aren, ada juga rasa kacang, durian, hingga kelapa muda yang tak kalah enak.


5. Ikan Seluang

Dari Banjarmasin? Bawa Amplang hingga Rabuk Ikan Buat Buah TanganFoto: Istimewa
Ikan seluang ini merupakan camilan sekaligus oleh-oleh yang terkenal dari Banjarmasin. Terbuat dari ikan seluang atau wader, biasanya ikan ini digoreng hingga garing.

Agar rasanya semakin enak dan gurih, biasanya ikan seluang dibalut dengan tepung. Sehingga ketika dimakan rasanya gurih, dengan tekstur renyah yang mirip seperti kerupuk. Oleh-oleh yang satu ini cocok sebagai buah tangan, atau camilan dalam perjalanan mudik.

Baca Juga: Pemudik Wajib Bawa Oleh-oleh Onde-Onde Mojokerto yang Empuk Legit

(sob/odi)