Kuliner Mudik dan Lebaran

Sebelum Tinggalkan Banyuwangi, Beli Dulu 5 Oleh-oleh Enak Ini!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 06 Jun 2019 11:21 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyuwangi terkenal dengan rujak sotonya. Tapi dalam urusan oleh-oleh, Banyuwangi punya 5 camilan enak yang sayang dilewatkan.

Melintas atau mudik ke Banyuwangi? Sempatkan beli makanan ringan enak yang bisa jadi buah tangan untuk keluarga dan kerabat. Pilihannya lumayan beragam, mulai dari kue manis, kerupuk, sampai kopi nikmat. Berikut 5 rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi.

1. Kue Bagiak
Sebelum Tinggalkan Banyuwangi, Beli Dulu 5 Oleh-oleh Enak Ini!Foto: Istimewa
Foto: Instagram dapoersikoko
Menyebut oleh-oleh Banyuwangi tak bisa meninggalkan kue bagiak. Dibuat dari tepung sagu dalam ukuran sepanjang jari telunjuk orang dewasa, kue bagiak adalah kue tradisional khas kota di ujung Jawa Timur ini.

Bahan lain untuk membuat kue bagiak adalah susu dan kayu manis. Sehingga rasa dan tampilannya mirip bagea dari Sulawesi. Terdapat banyak rasa kue bagiak seperti original, wijen, susu, sampai durian.

Baca Juga: Kue Bagiak yang Manis Renyah Jadi Oleh-oleh Favorit dari Banyuwangi

2. Sale pisang
Sebelum Tinggalkan Banyuwangi, Beli Dulu 5 Oleh-oleh Enak Ini!Foto: Istimewa
Foto: Instagram mommy_merlin
Bukan hanya dari Jogja, sale pisang enak juga bisa ditemui di Banyuwangi. Sale pisang dibuat dari pisang yang diiris tipis lalu dijemur hingga kering. Ada banyak sentra produksi sale pisang di Banyuwangi mengingat pohon pisang banyak tumbuh di sini.

Beberapa yang terkenal adalah di Kelurahan Klatak (Kalipuro), Lateng, Mojopanggung, dan Siliragung. Varian sale pisang juga lengkap. Selain sale pisang basah, ada keripik sale pisang dan molen sale pisang yang banyak jadi favorit.

3. Kerupuk rumput laut

Sebelum Tinggalkan Banyuwangi, Beli Dulu 5 Oleh-oleh Enak Ini!Foto: Istimewa

Foto: Instagram zjyshop
Kriuk renyahnya kerupuk kerap jadi oleh-oleh favorit. Banyuwangi punya kerupuk unik yaitu kerupuk rumput laut. Bahan utamanya merupakan rumput laut spesies Eucheuma cottonii.

Rasa gurih kerupuk rumput laut begitu khas, begitu juga dengan kerenyahannya. Kerupuk ini punya banyak manfaat kesehatan karena tinggi serat. Paling mudah menemukan kerupuk rumput laut di Kecamatan Wongsorejo. Di sini kerupuk rumput laut diolah oleh kelompok Koperasi Wanita.

4. Pia Glenmore
Sebelum Tinggalkan Banyuwangi, Beli Dulu 5 Oleh-oleh Enak Ini!Foto: Istimewa

Foto: Instagram suwarsuwirjember
Berasal dari kecamatan Glenmore, ada pia Glenmore yang terkenal enak dan harganya relatif murah. Konon pia Glenmore dirintis Ibu Suciati di sini.

Awalnya pia Glenmore hanya punya dua rasa yaitu kacang ijo dan pisang keju. Tapi kini pilihannya bertambah jadi banyak seperti kacang merah, nanas, hingga strawberry. Pia Glenmore bisa didapat di Jl. Raya Jember 51, Glenmore dan Jl. Kolonel Sugiono 33 Banyuwangi.

Baca Juga: Renyah Legit Bakpia 10 Rasa dari Kecamatan Glenmore

5. Kopi Banyuwangi
Sebelum Tinggalkan Banyuwangi, Beli Dulu 5 Oleh-oleh Enak Ini!Foto: Istimewa
Foto: Instagram palmcafejajag
Mampir ke Banyuwangi tak afdol kalau tak beli kopi Banyuwangi. Kabupaten ini terkenal sebagai salah satu penghasil kopi berkualitas. Kualitasnya bahkan tak kalah dengan kopi Hawaii ataupun kopi Toraja.

Salah satu kopi yang terkenal adalah Kopi Kemiren, diolah masyarakat Desa Adat Using Kemiren, Kecamatan Glagah. Ada juga Kopi Lanang dan Kopi Seblang. Tak ketinggalan Kopi Pingit yaitu kopi robusta yang disimpan 1 tahun. Berasal dari pegunungan Gumitir di Kecamatan Kalibaru.

Baca Juga: Ke Banyuwangi, Sri Mulyani Cicip Kopi Osing dan Durian Merah yang Tersohor

(adr/odi)