Ekspedisi Langit Nusantara

Renyah Legit Bakpia 10 Rasa dari Kecamatan Glenmore

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 11 Mei 2016 14:44 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Bakpia atau pia bukan monopoli kota Yogyakarta dan Bali saja. Di kecamatan Glenmore Banyuwangi ada pia aneka isi yang renyah enak dan selalu disajikan hangat.

Menyebut pia atau bakpia tentu akan teringat beragam bakpia di Yogyakarta. Bakpia memang jadi ikon kuliner kota gudeg dan selalu ditenteng untuk oleh-oleh. Jika dilacak dari namanya 'bakpia' berasal dari bahasa China yang berarti 'pastry daging'. Karena umumnya diisi daging babi maka orang sering menganggap sebagai pia daging babi.

Padahal kini banyak pia berisi aneka isian selain daging. Saat berada di Banyuwangi dan mencari oleh-oleh, banyak orang menyarankan Bakpia Genmore asli Banyuwangi. Tokonya tak berapa luas ada di kawasan jalan Sugiono, Banyuwangi.


Lemari kaca diisi kotak-kotak plastik dengan beragam rasa bakpia. rasa favorit seperti kacang hijau, cokelat dan keju sudah nyaris habis. Ada 12 rasa yang bisa dipilih. Keju, cokelat, kacang hijau, nanas, durian, nanas, pisang keju, telo ungu, pandan, dan ayam.

Bingung memilih? Sudah pasti! Apalagi aroma wangi adonannya tercium menyegarkan hidung. Sebelum memilih, kami mencicipi dulu 1 bakpia rasa kacang hijau. Kres! renyah berlapis adonan pianya. Sementara isiannya lembut manis. Adonan kulit pianya berbeda dengan bakpia Yogya. Glenmore memakai jenis adonan flaky sehingga rasanya ringan dan berlapis-lapis adonannya. Renyah gurih berpadu dengan pasta kacang hijau yang lembut legit.

Rupanya Bakpia Glenmore ini merupakan cabang dari toko pusatnya di jalan Raya Jember, Banyuwangi. Bakpia ini dibuat oleh ibu Suciawati yang awalnya membuka warung makan Glenmore. Usahanya mendapat binaan dari Bogasari SME hingga memiliki 3 cabang, dua di Banyuwangi dan satu di Jember.

Satu kotak isi 10 bakpia harganya Rp. 20.000. Empat kotak bakpia sudah di tangan. Sudah terbayang di rumah nanti menyantap bakpia ini ditemani secangkir kopi Osing khas Banyuwangi yang wangi semerbak. Bakpia Glenmore selalu menyajikan bakpia baru yang dipanggang pada hari yang sama. Supaya tidak kecewa sebaiknya telepon dulu untuk memesan agar tak kecewa. Karena rasa favorit lebih sering habis.


O,ya Banyuwangi terkenal sebagai kabupatan yang melek internet. Kalau ingin cari lokasi toko bakpia Glenmore di Banyuwangi ada 2 cabangnya. Dengan jaringan cepat internet lokasinya langsung terpantau oleh Google Map. Atau bisa mengakses website: www.bakpiaglenmore.com.



Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia." https://elangnusa.telkomsel.com/

Bakpia Glenmore Jl. Raya Jember 51 (depan kantor Telkom Glenmore)
Banyuwangi
Telpon : 0333-821281

Jl. Kolonel Sugiono 33
Banyuwangi
Telpon : 0333-419191

Jl PB Sudriman 4
Jember
Telpon: 0331-427313 (odi/odi)