Perlu Diketahui, Ini 7 Fungsi dan Manfaat Protein dalam Tubuh

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 18 Sep 2021 06:00 WIB
7 makanan sumber protein selain daging sapi
Foto: iStock

2. Menyeimbangkan cairan

Fungsi protein lainnya adalah mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh tiap saat. Protein dengan fungsi ini adalah albumin dan globulin yang bekerja dengan menarik atau melepaskan air.

Jika tidak mengkonsumsi cukup protein, kadar albumin dan globulin sangat rendah di dalam tubuh. Akibatnya protein tidak bisa menahan darah tetap berada di antara sel tubuh.

Dengan darah yang absen, cairan dipaksa masuk untuk mengisi ruang antar sel. Semakin banyak cairan yang masuk, maka risiko terjadinya pembengkakan atau edema makin besar.

Pembengkakan di daerah perut atau biasa disebut kwashiorkor adalah penanda terjadinya malnutrisi dalam konsumsi sehari-hari. Kwashiorkor jika tubuh cukup mengkonsumsi kalori namun kekurangan protein.

Susu Beruang 'Bear Brand' Diborong, Kandungan Nutrisinya Sama dengan Susu LainPerlu Diketahui, Ini 7 Fungsi dan Manfaat Protein dalam Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto/Bet_Noire

3. Meningkatkan imun tubuh

Protein membantu membentuk immunoglobulin atau antibodi untuk melawan infeksi bakteri atau virus di dalam tubuh. Antibodi akan menandai (tag) bakteri atau virus sebelum dieliminasi.

Jika sudah berhasil mengeliminasi sumber infeksi, tubuh akan mengingat dan memproduksi antibodi serupa. Sistem ini memungkinkan tubuh merespon dengan cepat bila ada sumber infeksi dengan antibodi yang tepat.

4. Menyediakan energi

Protein mengandung empat kalori per gram sehingga mampu menyediakan energi bagi tubuh. Kandungan kalori dalam protein sama dengan yang disediakan karbohidrat.

Tubuh lebih dulu menggunakan lemak dan karbohidrat sebagai sumber energi, sedangkan protein berada di urutan terakhir. Protein akan digunakan untuk penyusun enzim, hormon, dan komponen lain baru kemudian digunakan sebagai sumber energi.