7 Mitos Madu yang Populer dan Dipercaya, Ini Fakta Sebenarnya

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 15 Sep 2021 10:00 WIB
Honey with Honeycombs in a Jar Foto: Getty Images/StefaNikolic

5. Madu Bikin Kulit Kering

Young beautiful woman touching skin in bathroom. Unhappy girl standing in towel, looking in the mirror, checking dry irritated skin. Morning skincare routine.Young beautiful woman touching skin in bathroom. Unhappy girl standing in towel, looking in the mirror, checking dry irritated skin. Morning skincare routine. Foto: Getty Images/iStockphoto/Sasha_Suzi

Mitos yang satu ini tidak terbukti kebenarannya. Karena sebenarnya madu justru bisa menjadi skincare alami, yang mampu menghidrasi kulit agar tetap lembab. Bahkan banyak ahli kesehatan dan kecantikan, yang menyarankan madu untuk dimasukkan ke dalam skincare sehari-hari.

Biasanya madu diolah menjadi masker wajah, yang dicampurkan dengan susu bubuk. Kemudian dioleskan secara perlahan dan merata ke seluruh permukaan wajah.

6. Takaran Madu

Begini Cara Sehat Nabi Muhammad SAW Konsumsi MaduKonsumsi Madu Foto: iStock

Jika madu digunakan untuk obat atau untuk racikan obat herbal, sebenarnya tak ada batasan atau takaran khusus dari penggunaan madu ini. Menurut Sublime House (14/09), takaran ini bisa disesuaikan tergantung kebutuhan tubuh masing-masing.

Cara yang paling mudah adalah, dengan mengonsumsi satu sendok madu setiap paginya. Mirip seperti untuk menurunkan berat badan, konsumsi madu di pagi hari bisa meningkatkan sistem imunitas, meredakan radang tenggorokan, alergi hingga menurunkan demam.

7. Rasa Madu yang Tidak Enak

Begini Cara Sehat Nabi Muhammad SAW Konsumsi MaduKonsumsi Madu Foto: iStock

Banyak yang menganggap bahwa rasa manis dari madu ini tidak selegit gula, pemanis hingga tambahan lainnya. Padahal madu ini selain lebih sehat, juga jauh lebih manis dari gula dan pemanis lainnya.

Kandungan madu juga lebih rendah dari gula, yang kebanyakan mengandung glukosa dan fruktosa yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Madu ini komponennya hampir sama dengan gula, tapi kelebihan madu terletak pada kandungan nutrisi dan vitamin yang membuatnya jadi lebih sehat.

Baca Juga: Makan Tempe Mentah ala dr Zaidul Akbar, Dicocol Madu Makin Kaya Nutrisi

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Kepak Madu Buatan Pilot Rupawan"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com