10 Makanan Awet Muda Ini Bikin Wajah Glowing dan Bebas Kerutan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 05 Sep 2021 10:00 WIB
Sering Makan Jamur Tiram Bisa Turunkan Kolesterol dan Bikin Awet Muda Foto: Getty Images/iStockphoto/Kritchanut

8. Tomat

Makanan awet muda ini sudah terkenal akan manfaat sehatnya untuk kulit. Tomat tinggi kandungan likopen yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Manfaat lain dari tomat adalah bantu mengurangi kerutan di wajah. Konsumsi tomat dengan cara dimasak bersama minyak zaitun supaya penyerapan likopennya lebih maksimal.

9. Rempah

Ginger root and ginger powder in the bowl10 Makanan Awet Muda Ini Bikin Wajah Glowing dan Bebas Kerutan Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto

Fungsi rempah bukan hanya menambah cita rasa makanan, melainkan juga membuat kulit terlihat lebih awet muda. Kayu manis, misalnya, ampuh mendorong produksi kolagen yang bisa membuat kulit lebih kencang sekaligus kenyal.

Kemudian capsaicin pada cabai bisa mengurangi perubahan terkait penuaan pada sel-sel kulit. Dan gingerol pada jahe bisa mengurangi noda-noda hitam pada wajah karena paparan sinar matahari.

10. Kaldu tulang

Satu lagi makanan awet muda yang bagus dikonsumsi rutin. Kaldu tulang bisa dibuat dari daging sapi, ayam, dan bahkan ikan. Kolagen di dalam kaldu tulang diyakini mampu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Saat dimasak, kolagen berubah menjadi gelatin yang kaya asam amino. Tubuh lantas bisa menyerap asam amino tersebut dan menggunakannya untuk produksi kolagen yang baru di kulit.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com