7 Makanan Sumber Vitamin K2 Ini Sehatkan Tulang dan Jantung

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 02 Sep 2021 06:00 WIB
mentega Foto: iStock
Jakarta -

Vitamin K2 diketahui sangat baik untuk kesehatan tulang, jantung, hingga memiliki sifat antikanker. Tujuh makanan sumber vitamin K2 ini begitu direkomendasikan oleh para ahli gizi.

Vitamin K terbagi atas beberapa jenis. Salah satunya adalah vitamin K2 yang sangat baik untuk kesehatan jantung, kekuatan tulang, hingga memiliki komponen antikanker. Para ahli sangat menyarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin K2 antara 90 hingga 120 mikrogram per harinya.

Vitamin K sangat dibutuhkan oleh tubuh karena fungsinya untuk memecah kalsium dan membantu mencegah penumpukan kalsium dan lemak. Sayangnya,
melalui penelitian yang telah dilakukan, konsumsi vitamin K yang rutin dilakukan hanya mampu memenuhi kebutuhan vitamin K1 tanpa keseimbangan
dengan vitamin K2 yang setara.

Efeknya konsumsi vitamin K, terutama K2, sangat baik untuk membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan fleksibel serta menjaga sirkulasi darah agar tetap baik. Konsumsi vitamin K2 ini juga dikaitkan dengan kemampuannya untuk mematikan sel-sel kanker seperti kanker hati hingga prostat.

Berikut ini 7 makanan sumber vitamin K2 yang disarankan oleh ahli menurut Web MD:

Tips mengolah belutFoto: iStock

1. Belut

Vitamin K2 dikatakan oleh para ahli lebih banyak ditemukan pada produk hewani. Tetapi ternyata kandungan vitamin K2 pada belut juga dikatakan mampu menjadi seafood alternatif bagi orang-orang yang tidak bisa makan daging hewan.

Pada takaran saji 100 gram belut dikatakan dapat memenuhi sebanyak 63 mikrogram vitamin K2. Jumlah kandungan vitamin K2 ini bahkan mampu hampir memenuhi kebutuhan vitamin K2 yang direkomendasikan untuk dikonsumsi.

2. Keju

Keju merupakan salah satu makanan sumber vitamin K2 yang juga dilengkapi dengan kalsium, vitamin A dan protein. Tetapi keju juga dilengkapi dengan lemak jenuh dan kalori yang konsumsinya harus tetap dibatasi.

Kandungan vitamin K2 pada keju juga ditentukan dengan jenis keju itu sendiri. Misalnya pada 50 gram keju edam yang mengandung 32 mikrogram vitamin K2 atau keju cheddar yang mengandung 12 mikrogram.

Baca juga: 7 Makanan Tinggi Vitamin K Ini Bisa Cegah Keparahan Gejala Covid-19

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Soto Banjar dan Sate Tulang Borneo"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com