7 Makanan Tinggi Vitamin K Ini Bisa Cegah Keparahan Gejala Covid-19

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 14 Agu 2021 06:00 WIB
kacang-kacangan Foto: Istimewa
Jakarta -

Vitamin K ternyata tak hanya mampu melindungi paru-paru tetapi juga bisa mencegah keparahan gejala Covid-19. Rutin konsumsi tujuh makanan tinggi vitamin K ini sangat dianjurkan di tengah pandemi.

Saat pandemi Covid-19, hampir semua orang berbondong-bondong mengonsumsi vitamin yang dipercaya dapat menguatkan imunitas hingga nutrisi untuk menjaga kesehatan paru-paru. Diantaranya vitamin C dan vitamin D yang laris manis diborong untuk perlindungan diri selama pandemi Covid-19.

Selain vitamin C dan D, ternyata vitamin K juga memiliki peran penting untuk melindungi diri di masa pandemi. Penelitian yang dilakukan oleh rumah sakit Canisius Wilhelmina di Belanda menemukan bahwa pasien Covid-19 yang mengonsumsi vitamin K mengalami pemulihan yang cukup signifikan.

Vitamin K juga diketahui dapat mencegah pembekuan darah yang disebabkan oleh Covid-19 yang dampaknya berujung pada degradasi elastis di paru-paru. Memenuhi kecukupan harian vitamin K akan memberikan tubuh asupan protein yang berfungsi untuk mencegah pembekuan darah tersebut.

Berikut ini 7 sumber makanan tinggi vitamin K yang disarankan oleh ahli menurut Web MD:

Manfaat Bayam Bagi KesehatanFoto: Getty Images/iStockphoto

1. Bayam

Dikatakan sebagai bahan makanan yang mengandung banyak mineral dan nutrisi, bayam ternyata juga mengandung vitamin K yang cukup tinggi.
Dalam daftar bahan makanan sumber vitamin K bahkan bayam termasuk salah satu sayuran yang menduduki peringkat teratas.

Bayam yang sudah direbus diketahui mengandung 561 mikrogram vitamin K sedangkan bayam mentah bisa mengandung 250 mikrogram pada takaran 64
gram. Kadar ini cocok untuk memenuhi kebutuhan vitamin K pada orang dewasa sebanyak 0,001 miligram per kilogram berat tubuh.

2. Brokoli

Tidak hanya bayam, jenis sayuran hijau lainnya seperti brokoli juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan vitamin K harian. Brokoli yang sudah matang mengandung 110 mikrogram untuk setiap 64 gram takaran saji.

Brokoli juga termasuk sayuran yang mudah didapatkan jika kamu berbelanja ke supermarket maupun ke pasar tradisional sekalipun. Cara pengolahannya juga cukup mudah dan bisa saja ditambahkan ke dalam berbagai jenis masakan.

Baca juga: 5 Sayuran Ini BantuSehatkan Pernapasan dan Redakan Asma

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com