5 Sayuran Ini Bantu Sehatkan Pernapasan dan Redakan Asma

Devi Setya - detikFood Senin, 09 Agu 2021 05:00 WIB
5 Sayuran Ini Bantu Sehatkan Pernapasan dan Redakan Asma Foto: Getty Images/iStockphoto/KPS
Jakarta -

Makan sayuran tidak hanya membuat sistem pencernaan lancar tapi juga sistem pernapasan. Beberapa sayuran terbukti ampuh menjaga kesehatan pernapasan dan meredakan asma.

Sesak napas adalah gejala awal adanya indikasi masalah pada sistem pernapasan, termasuk asma. Kondisi ini tentu saja membuat tidak nyaman. Jika dibiarkan berlarut-larut maka akan memperparah sistem pernapasan.

Jika gejalanya masih ringan, jangan langsung mengandalkan obat kimia. Coba bersihkan saluran pernapasan dan jaga kesehatan paru-paru dengan rutin mengonsumsi sayuran. Beberapa jenis sayuran terbukti baik untuk kesehatan paru-paru dan saluran pernapasan.

Apalagi sayuran juga tinggi serat, vitamin, dan mineral sehingga dampak positifnya bisa semakin dirasakan tubuh. Di tengah pandemi Corona saat ini, kesehatan paru-paru menjadi investasi berharga.


Dilansir dari berbagai sumber, berikut sayuran yang membantu menjaga kesehatan pernapasan serta meredakan asma:

1. Wortel


Wortel dikenal tinggi vitamin A dalam bentuk betakaroten sehingga baik untuk menjaga kesehatan mata. Dalam 100 gram wortel segar mengandung 1.067 mikrogram beta karoten. Jadi, dengan mengonsumsi 100 gram wortel kamu sudah bisa memenuhi 1,5 kali kebutuhan vitamin A dalam sehari.

Di samping itu, wortel merupakan sumber mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan folat. Kalium dalam wortel membantu mengontrol tekanan darah. Sementara antioksidan yang berlimpah dalam wortel membantu menjaga sel tubuh dari paparan radikal bebas.

Kandungan nutrisi kompleks inilah yang baik bagi kesehatan paru-paru dan saluran pernapasan. Cukup konsumsi 100 gram wortel per hari untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan dan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mie Ayam Hijau dari Sari Sayuran, Rasanya Gimana?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com