5 Sayuran untuk Kesehatan Paru-paru, Murah dan Dijual di Tukang Sayur!

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 08 Agu 2021 06:00 WIB
wortel untuk mata sehat Foto: Getty Images
Jakarta -

Untuk menjaga kesehatan paru-paru, tak perlu makanan sehat yang mahal. Ada banyak sayuran murah yang bisa ditemukan di tukang sayur ternyata memiliki banyak manfaat untuk paru-paru.

Jadi organ paling penting untuk sistem respirasi atau pernapasan, kesehatan paru-paru perlu dijaga dengan baik apalagi di masa pandemi. Seperti diketahui virus COVID-19 menyerang sistem pernapasan.

Agar tubuh tetap fit dan kesehatan paru-paru terjaga, ada beberapa sayuran murah kaya nutrisi dan vitamin untuk paru-paru. Sayuran-sayuran ini juga mudah ditemukan dan bisa di beli di tukang sayur terdekat. Seperti bayam, bok choy, hingga tomat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima sayuran untuk kesehatan paru-paru yang murah dan mudah didapat:

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Paru-paru Tetap Sehat

1. Tomat

Tomatoes growing in greenhouseTomatoes growing in greenhouse Foto: iStock



Tomat bisa dijadikan tambahan pada tumisan sayur hingga sup. Tomat merupakan salah satu sayuran dengan sumber vitamin dan nutrisi yang kaya. Di dalam tomat ada likopen dan beta karoten yang dikaitkan dapat meningkatkan fungsi organ paru-paru.

Karena kandungannya ini tomat bisa membantu mengurangi peradangan saluran pernapasan terutama pada penderita asma.

Selain itu ada kandungan polifenol yang bisa mencegah risiko kanker. Tak lupa tomat dikemas dengan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan potassiumnya juga bermanfaat mengontrol tekanan darah.



2. Bok Choy

Fresh bok choy vegetable growing using hydroponic method.Fresh bok choy vegetable growing using hydroponic method. Foto: iStock



Sayuran untuk kesehatan paru-paru selanjutnya adalah pok choy atau pakcoy. Sayuran ini juga bisa ditemukan di tukang sayur. Harganya terjangkau dan bisa diolah dengan cara direbus hingga ditumis dengan saus tiram. Di balik rasanya yang enak, terdapat bok choy memiliki banyak nutrisi yang bagus untuk paru-paru.

Cocok untuk diet, per 70 gram pakcoy hanya mengandung 9 kalori saja. Terdapat nutrisi dan vitamin penting lainnya, seperti magnesium, zat besi, kalsium, vitamin A hingga vitamin C.

Sama seperti tomat, bok choy juga diperkaya dengan beta karoten dan potassium yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, serta kaya antioksidan. Tentunya keduanya membantu meredakan peradangan paru-paru, serta meningkatkan kesehatan paru-paru secara keseluruhan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Perbandingan Paru-paru Pasien COVID-19 yang Divaksin dan Belum"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com