5 Makanan yang Buruk Untuk Kesehatan Paru-paru, Batasi Konsumsinya

Sonia Basoni - detikFood Senin, 26 Jul 2021 06:00 WIB
Close up of mens hand grabbing chips Foto: iStock
Jakarta -

Kesehatan paru-paru sangat penting dijaga saat pandemi. Salah satunya dengan menghindari makanan yang buruk untuk paru-paru


Selama masa pandemi, gangguan saluran pernapasan sering dialami banyak orang. Karenanya kesehatan paru-paru perlu dijaga dengan mengurangi kebiasaan merokok, hingga paparan pada polusi udara.

Tak hanya itu pola makan juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan kesehatan paru-paru. Menurut Eat This, Not That (25/07), ada beberapa makanan yang berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru. Karenanya perlu dibatasi asupannya.

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Paru-paru Tetap Sehat

1. Brokoli

Stir fried broccoli with garlic - home cookStir fried broccoli with garlic - home cook Foto: Getty Images/iStockphoto/Nirad

Sering disebut sebagai salah satu sayuran sehat, ternyata sayuran brokoli ini sebaiknya dihindari untuk meningkatkan kesehatan jantung. Karena brokoli masuk ke dalam makanan yang paling buruk untuk paru-paru.

Menurut ahli kesehatan Amanda Webster, salah satu efek setelah menyantap sayuran brokoli adalah gas yang diproduksi tubuh. Gas ini bisa bedampak buruk pada kesehatan paru-paru, karena paru-paru bisa membengkak.

"Karena kita berpikir bahwa sayuran itu sehat, jadi kita suka lupa bahwa dalam beberapa kasus ada makanan sehat yang konsumsinya harus dibatasi. Seperti kandungan gas setelah menyantap makanan seperti brokoli, kembang kol dan lainnya. Bisa diganti dengan makanan bernutrisi lain," jelas Amanda.

2. Es Krim

Es Krim Unik di KoreaEs Krim Unik di Korea Foto: YouTube Kimbab Family

Penggemar es krim harus mulai membatasi dessert kesukaan mereka yang satu ini. Kebanyakan es krim mengandung produk susu olahan, yang bisa meningkatkan produksi mukus pada saluran pernapasan.

Hal ini dijelaskan oleh Dokter Annah Johnson, yang mengungkapkan bahwa es krim merupakan salah satu makanan yang sebaiknya dihindari selama masa pandemi COVID-19. Termasuk musim sakit flu dan demam, di mana es krim bisa memicu penyakit ini untuk timbul.

"Susu dan olahan susu lainnya memproduksi banyak mukus yang menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan," ungkap Dokter NavNIrat Nibber, ND.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com