7 Makanan Pembersih Paru-paru yang Enak dan Sehat

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 19 Nov 2020 06:00 WIB
Makanan untuk paru-paru Foto: Getty Images/iStockphoto/Palina Charnova
Jakarta -

Makanan pembersih paru-paru ini bagus dikonsumsi rutin. Tinggi kandungan vitamin A, nutrisi makanan ini bisa melawan efek polusi yang mencemari paru-paru.

Semakin hari kualitas udara semakin memburuk, baik dari polusi, asap hingga virus yang bisa menular melalui udara dan menyerang pernapasan. Salah satunya, coronavirus.

Pandemi yang saat ini tengah melanda sebagian besar bagian di dunia memiliki efek buruk pada saluran pernapasan. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan senantiasa mengonsumsi makanan yang bisa menguatkan sekaligus membersihkan paru-paru.

Makanan tinggi antioksidan adalah salah satunya. Antioksidan bisa membantu mengeluarkan racun yang tidak sengaja terhirup setiap harinya melalui pernapasan.

Baca Juga: 7 Makanan Kaya Antioksidan Untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Merujuk pada hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, kekurangan vitamin A kronis telah dikaitkan dengan perubahan histopatologis pada lapisan epitel paru hingga menyebabkan disfungsi jaringan parah dan penyakit pernapasan.

Dikutip dari Food NDTV (17/11), ini 7 makanan pembersih paru-paru yang enak dan sehat. Kamupun bisa mengonsumsinya rutin.

1. Wortel

-Foto: The Nation/Asia News Network/iStock

Menurut National Institute of Nutrition, dalam 100 gram wortel mengandung 8840 mikrogram vitamin A. Kandungan vitamin A yang cukup banyak pada wortel berkhasiat untuk menjaga kesehatan paru-paru agar bisa berfungsi dengan normal.

Berbagai cara untuk mengonsumsi wortel juga bisa dilakukan untuk menghindari kebosanan. Misalnya membuat jus wortel, salad, sandwich atau berbagai makanan lain sesuai selera.

2. Sayuran Hijau

Sayuran dedaunan hijau ternyata tidak hanya mengandung banyak serat, tetapi juga mengandung cukup banyak vitamin A. Jenis sayuran ini merupakan sayuran yang bisa bertahan di segala kondisi sehingga akan mudah ditemukan.

Seperti bayam, kembang kol, brokoli dan sayuran hijau lainnya memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

3. Ikan

Fakta tentang ikan salmonFoto: iStock

Tinggi protein, ikan juga tergolong makanan pembersih paru-paru. Ikan mudah didapat di banyak tempat.

Berbagai cara mengolah ikan bisa kamu praktikkan. Dibakar, digoreng, dibuat pepes, atau cara pengolahan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2