7 Makanan Kaya Antioksidan Untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Odilia WS - detikFood Kamis, 18 Jun 2020 07:00 WIB
Woman with cart shopping in grocery store in the produce section. Using smart phone Foto: iStock
Jakarta -

Asupan makanan jadi kunci utama untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit. Makanan yang kaya antioksidan wajib dikonsumsi. Apa saja jenisnya?

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tak mudah terserang virus atau penyakit, makanan dengan nutrisi seimbang perlu dikonsumsi tiap hari. Termasuk makanan kaya vitamin, mineral dan antioksidan.

Antioksidan diproduksi oleh tubuh juga terdapat dalam makanan. Antioksidan membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul yang dikenal sebagai radikal bebas. Akumulasi radikal bebeas bisa menyebabkan stres oksidatif yang merusak DNA dan struktur sel.

Asupan makanan tinggi antioksidan bisa membantu meningkatkan antioksidan dalam darah melawan stres oksidatif yang bisa menurunkan risiko beragam penyakit kronis. Seperti penyakit jantung, kanker hingga diabetes tipe 2.

Para peneliti di University of Oslo melakukan uji coba pada 1.113 makanan dan minuman untuk mengetahu kadar antioksidannya. Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini deretan makanan kaya antioksidan yang baik dikonsumsi setiap hari.


1. Cokelat Hitam

Dark chocolate atau cokelat hitam merupakan jenis cokelat dengan kandungan cacao mass lebih dari 60%. Rasa pahit cokelat ini menandakan cokelat bahan makanan bernutrisi, terutama kaya akan mineral dan antioksidan.

Dalam 100 g dark chocolate mengandung 9.2 - 2.3 mmol antioksidan. Kandungan antioksidan pada cokelat hitam bisa mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung.

Pada salah satu studi didapati bahwa cokelat hitam mampu mengurangi risiko penyakit jantung, dengan meningkatkan antioksidan darah, menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mencegah kolesterol jahat (LDL) dari oksidasi.

Saat membeli cokelat pilih cokelat hitam, makin tinggi kandungan cacao mass (tertera pada kemasan) makin tinggi kadar antioksidannya. Konsumsi cokelat ini tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Konsumsi Buah hingga Ikan Segar, Kunci Asupan Sehat di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]