6 Manfaat Sehat Kacang Hijau, Cocok untuk Diet dan Lancarkan Pencernaan

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 30 Agu 2021 08:00 WIB
cara membuat bubur kacang hijau Foto: iStock

3. Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Penderita diabetes memiliki pantangan makanan yang harus dihindari, terutama makanan yang tinggi gula. Salah satu alternatif makanan yang bisa dikonsumsi adalah kacang hijau.

Ini dikarenakan kacang hijau memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu kandungan protein, magnesium, dan serat yang terdapat dalam kacang hijau juga dapat membantu menurunkan kadar insulin dan glukosa darah dalam tubuh penderita diabetes. Sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca Juga: 5 Herbal untuk Meningkatkan Imunitas, Ada Sejak Zaman Nabi Muhammad SAW

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

cara membuat bubur kacang hijaukacang hijau Foto: iStock

Kacang hijau sangat baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kesehatan pencernaan. Karena kandungan serat pada kacang hijau sangatlah tinggi, jumlahnya mencapai 15,4 gram per 200 gram.

Kandungan serat yang terkandung dalam kacang hijau adlaah pektin. Yaitu sejenis serat larut yang dapat menjaga usus secara teratur dengan membantu pergerakan makanan yang mudah melalui usus dan saluran pencernaan.

Ada juga kandungan pati resisten yang fungsinya mirip dengan serat larut. Kandungan ini juga dapat membantu dalam mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat. Kacang hijau juga mudah dicerna dibandingkan dengan jenis kacang lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com