ADVERTISEMENT

Manfaat Teh Bunga Telang yang Cocok untuk Diet dan Sehatkan Mata

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 21 Agu 2021 07:00 WIB
Manfaat teh bunga telang dan cara membuatnya agar terasa nikmat
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Biasanya teh terbuat dari pucuk daun teh, namun ada juga yang terbuat dari bunga. Seperti teh bunga telang yang cantik ini baik cocok diet dan sehatkan mata.

Teh, salah satu minuman yang menyehatkan untuk tubuh. Banyak yang mengonsumsi teh di pagi hari untuk meningkatkan stamina dan menghangatkan tubuh.

Sejak dulu teh juga dikenal sebagai cara alami untuk mengobati beberapa penyakit ringan seperti demam dan flu. Teh juga baik diminum untuk menenangkan pikiran dan mengurangi insomnia.

Ada beragam jenis teh di dunia ini, ada yang murni berasal dari pucuk daun teh (tanaman Camellia sinensis), namun banyak juga yang berasal dari tanaman herba atau bunga (tisane).

Teh bunga atau tisane ini banyak macamnya. Paling populer adalah teh chamomile yang baik dikonsumsi untuk membuat tidur lebih nyenyak. Selain itu, teh bunga telang atau teh biru juga berhasil menarik perhatian pecinta teh.

Baca Juga: Cara Membuat Kopi Biji Kurma dan Manfaat Sehatnya

Dilansir dari berbagai sumber, teh bunga telang ini menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Di antaranya cocok untuk diet karena bisa membantu dalam menurunkan berat badan hingga menyehatkan mata.

Berikut manfaat teh bunga telang dan cara membuatnya yang nikmat.

1. Terbuat dari Bunga Apa?

Manfaat teh bunga telang dan cara membuatnya agar terasa nikmatManfaat teh bunga telang dan cara membuatnya agar terasa nikmat Foto: Getty Images/iStockphoto

Teh yang berwarna biru cantik ini terbuat dari bunga telang. Bunga telang ini juga dikenal dengan nama butterfly pea. Warnanya biru terang an tekstur kelopaknya sangat lembut.

Bunga telang banyak tumbuh di Indonesia. Namun, tak banyak yang mengetahui kalau bunga cantik ini bisa dibuat menjadi teh yang nikmat. Bunga ini dulunya sering dijadikan bahan alami untuk mengobati sakit mata.

Jika teh yang berasal dari pucuk daun Camellia sinensis mengadung kafein tinggi, teh bunga telang ini bebas dari kafein. Sehingga cocok dikonsumsi untuk mereka yang intoleransi terhadap kafein.

2. Bunga Telang Kering

Jika saat ini kamu susah mencari bunga telang segar, kamu bisa membuatnya menggunakan bunga telang kering. Bunga telang kering ini juga banyak ditawarkan via toko online.

Kamu bisa mencarinya di marketplace dengan kata kunci 'bunga telang kering'. Deretan produk bunga telang kering beragam ukuran bisa kamu dapatkan. Ada yang menjual 100 gram bunga telang kering dengan harga Rp 25 ribu hingga ukuran 1 kilogram seharga Rp 200 ribuan.

Produk teh bunga telang siap seduh juga banyak ditawarkan. Dibanderol harga mulai dari 10 ribu hingga Rp 30 ribu per kemasan. Saat ini banyak yang mencari bunga telang kering ini karena mulai digunakan untuk campuran minuman segar di restoran.

Baca Juga: Waduh! Zaskia Adya Mecca Pesan Makanan via Ojol Tapi Dibawa Kabur Drivernya

3. Manfaat Teh Bunga Telang

Manfaat teh bunga telang dan cara membuatnya agar terasa nikmatManfaat teh bunga telang dan cara membuatnya agar terasa nikmat Foto: Getty Images/iStockphoto

Teh bunga telang bisa dikonsumsi layaknya teh biasa. Teh ini juga memiliki manfaat kesehatan yang beragam. Salah satunya bisa digunakan untuk menenangkan pikiran, teh yang rasanya khas ini akan membuatmu lebih segar, seperti dikuti dari Krishi Jagran.

Dilansir dari Tea How (20/8), teh bunga telang ini cocok untuk diet karena bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam international Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, teh bunga telang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak di daerah perut.

Senyawa katekin EFCG yang terdapat dalam bunga telang juga memiliki fungsi untuk mempercepat proses pembakaran kalori dengan meningkatkan metabolisme. Kamu bisa mengonsumsinya pagi hari saat sarapan atau sebelum berolahraga.

Di Indonesia bunga telang banyak digunakan untuk obat alami saat sakit mata. Ternyata memang terbukti bisa menyehatkan mata, karena zat proanthocyanidin dalam bunga telang bertanggung jawab untuk meningkatkan alirah darah ke kapiler mata.

4. Cara Membuat Teh Bunga Telang

Manfaat teh bunga telang dan cara membuatnya agar terasa nikmatManfaat teh bunga telang dan cara membuatnya agar terasa nikmat Foto: Getty Images/iStockphoto

Kalau ingin menikmatinya, kamu bisa membuat teh bunga telang dari bunga yang telah dikeringkan. Cara membuatnya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan sekitar 10 helai bunga telang kering ke dalam teko atau gelas.

Kemudian tuangkan air hangat ke dalam gelas atau teko tersebut. Tunggu beberapa saat hingga teh bunga telang berubah warna kebiruan yang cantik. Setelah itu, teh bunga telang bisa langsung dinikmati dalam kondisi hangat.

Teh bunga telang juga bisa dinikmati menjadi minuman segar. Kamu bisa mencampurkannya dengan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, tambahkan biji selasih, daun minta, dan es batu. Jika dicampur dengan air jeruk lemon warna biru tua bunga telang menjadi ungu muda atau lila cantik.

Baca Juga: Lesti dan Rizky Billar Adu Tarik Ayam Bekakak, Ini Filosofinya Dalam Adat Sunda



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT