Cara Membuat Kopi Biji Kurma dan Manfaat Sehatnya

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 20 Agu 2021 06:00 WIB
Kopi biji kurma Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Tak hanya biji kopi, biji kurma juga bisa dijadikan diolah dan diseduh seperti kopi. Kopi biji kurma juga menyimpan beragam manfaat. Ini cara membuatnya.

Diketahui kalau minuman kopi berasal dari biji kopi yang dipanggang kemudian dihaluskan menjadi bubuk. Selanjutnya kopi bubuk ini diseduh menggunakan air panas atau dingin hingga menjadi sebuah sajian kopi yang nikmat.

Ternyata minuman kopi juga tak hanya terbuat dari biji kopi. Dilansir dari Alpha Foodie (19/5), minuman kopi bisa dibuat dari biji kurma yang telah dihaluskan. Jadi, tak hanya daging buah kurma saja yang biasa dikonsumsi, tapi bijinya juga bisa dimanfaatkan.

Sama seperti halnya kopi biasa, kopi biji kurma juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Karena di dalam biji kurma terdapat nutrisi penting seperti vitamin dan mineral.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Nasi Campur Babi Panggang yang Terkenal Enak

Berikut cara membuat dan manfaat kopi biji kurma.

1. Kurma Buah Favorit Rasulullah

Kopi biji kurmaKopi biji kurma Foto: Getty Images/iStockphoto

Kurma adalah buah yang tergolong superfood karena menyimpan beragam nutrisi penting yang menyehatkan tubuh. Buah ini juga diketahui menjadi favorit Rasulullah SAW (Nabi Muhammad). Jenis yang menjadi favorit-Nya adalah kurma ajwa atau biasa disebut dengan kurma Nabi.

Kurma ajwa ini tergolong varietas kurma unggulan dan biasa dijual dengan harga mahal. Kurma asli Madinah ini berwarna hitam pekat dengan semburat keemasan pada permukaan kulitnya. Daging buahnya tebal dan teksturnya agak kenyal.

Daging buah kurma memiliki nutrisi yang melimpah. Di dalam satu butir kurma terkandung protein, karbohidrat, serat pangan, dan lemak sehat. Ada juga vitamin A, B6, C, E dan K. Juga folat, niacin, thiamine, dan riboflavin yang semuanya baik untuk kesehatan.

2. Nutrisi Biji Kurma

Kopi biji kurmaKopi biji kurma Foto: Getty Images/iStockphoto

Tak hanya daging buahnya saja, biji kurma juga menyimpan beragam nutrisi penting. Kandungan yang terdapat pada biji kurma di antaranya ada vitamin dan mineral.

Dilansir dari NCBI (15/2), dalam 100 gram biji kurma terdapat kandungan protein sebesar 5,1 gram. Ada juga kandungan serat sebanyak 73,1 gram, dan zat antioksidan yang tinggi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Surabi Kurma, Menu Takjil untuk Berbuka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com