Manfaat Teh Bunga Telang yang Cocok untuk Diet dan Sehatkan Mata

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 21 Agu 2021 07:00 WIB
Manfaat teh bunga telang dan cara membuatnya agar terasa nikmat Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Biasanya teh terbuat dari pucuk daun teh, namun ada juga yang terbuat dari bunga. Seperti teh bunga telang yang cantik ini baik cocok diet dan sehatkan mata.

Teh, salah satu minuman yang menyehatkan untuk tubuh. Banyak yang mengonsumsi teh di pagi hari untuk meningkatkan stamina dan menghangatkan tubuh.

Sejak dulu teh juga dikenal sebagai cara alami untuk mengobati beberapa penyakit ringan seperti demam dan flu. Teh juga baik diminum untuk menenangkan pikiran dan mengurangi insomnia.

Ada beragam jenis teh di dunia ini, ada yang murni berasal dari pucuk daun teh (tanaman Camellia sinensis), namun banyak juga yang berasal dari tanaman herba atau bunga (tisane).

Teh bunga atau tisane ini banyak macamnya. Paling populer adalah teh chamomile yang baik dikonsumsi untuk membuat tidur lebih nyenyak. Selain itu, teh bunga telang atau teh biru juga berhasil menarik perhatian pecinta teh.

Baca Juga: Cara Membuat Kopi Biji Kurma dan Manfaat Sehatnya

Dilansir dari berbagai sumber, teh bunga telang ini menyimpan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Di antaranya cocok untuk diet karena bisa membantu dalam menurunkan berat badan hingga menyehatkan mata.

Berikut manfaat teh bunga telang dan cara membuatnya yang nikmat.

1. Terbuat dari Bunga Apa?

Manfaat teh bunga telang dan cara membuatnya agar terasa nikmatManfaat teh bunga telang dan cara membuatnya agar terasa nikmat Foto: Getty Images/iStockphoto

Teh yang berwarna biru cantik ini terbuat dari bunga telang. Bunga telang ini juga dikenal dengan nama butterfly pea. Warnanya biru terang an tekstur kelopaknya sangat lembut.

Bunga telang banyak tumbuh di Indonesia. Namun, tak banyak yang mengetahui kalau bunga cantik ini bisa dibuat menjadi teh yang nikmat. Bunga ini dulunya sering dijadikan bahan alami untuk mengobati sakit mata.

Jika teh yang berasal dari pucuk daun Camellia sinensis mengadung kafein tinggi, teh bunga telang ini bebas dari kafein. Sehingga cocok dikonsumsi untuk mereka yang intoleransi terhadap kafein.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Teh Tarik Jelly yang Menyegarkan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com