12 Sayuran Rendah Gula Untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Tim Detikfood - detikFood Sabtu, 21 Agu 2021 05:00 WIB
sayuran hijau yang paling sehat Foto: iStock
Jakarta -

Sayuran banyak dikonsumsi saat diet karena rendah gula. Selain itu sayuran mengandung serat, vitamin, dan mineral yang bisa bantu turunkan berat badan.

Selain bernutrisi, jenis sayuran rendah gula juga cenderung lebih aman konsumsi. Dibandingkan buah-buahan yang umumnya mengandung karbohidrat tinggi dari gula buahnya.

Kandungan karbohidrat dalam tubuh akan diolah menjadi gula dan energi. Karenanya memasukkan aneka sayuran ke daftar menu diet tentu bisa membantu proses menurunkan berat badan. Nutrisi lainnya juga bisa menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari penyakit.

Dilansir dari laman Healthline, berikut jenis sayuran yang rendah kalori dan bisa diolah menjadi beragam masakan untuk menunjang penurunan berat badan.

1. Mentimun

Mentimun memiliki karbohidrat yang relatif rendah. Dalam 100 gram mentimun hanya memiliki sekitar 2,16 gram karbohidrat.

Mentimun juga mengandungan banyak air dan serat larut yang menjaga tubuh tetap terhidrasi, membantu turunkan berat badan, serta bermanfaat untuk kulit, otot, dan sendi.

2. Selada

Kalori yang rendah pada selada menjadikannya sayuran yang cocok untuk diet. Selada hanya mengandung 2,97 gram karbohidrat per 100 gramnya.

Salah satu nutrisi di dalam selada yaitu lactucarium bersifat memberi efek baik untuk meningkatkan kualitas tidur lebih nyenyak.

selada12 Sayuran Rendah Gula Untuk Bantu Turunkan Berat Badan Foto: iStock

3. Seledri

Kalori seledri hampir sama dengan selada. Kandungan air pada seledri juga cukup tinggi dan bisa mencegah dehidrasi.

Tingginya air dan elektrolit pada seledri membantu mengurangi kembung, sedangkan kandungan phthalides dalam seledri mampu menurunkan kadar kolesterol.

4. Jamur tiram

Sayuran rendah gula berikutnya yaitu jamur tiram putih hanya 3,26 gram. Selain bebas lemak dan kolesterol, jenis jamur ini bebas gluten, tinggi kalsium, serat, dan asam amino esensial.

Jamur tiram putih juga kaya protein, karbohidrat nonpati, serat makanan, mineral, vitamin B, dan nyaris bebas lemak yang kesemuanya dibutuhkan oleh tubuh.

5. Bayam

Tak hanya diolah sebagai menu sayur bening, sayuran berdaun hijau ini juga bisa dijadikan campuran smoothie, jus, atau omelet karena karbohidratnya sekitar 3,63 gram.

Bayam juga menawarkan beragam vitamin dan mineral termasuk folat, riboflavin, vitamin B6, magnesium, dan serat yang mengoptimalkan penurunan berat badan.

Sayuran apa saja yang baik dikonsumsi untuk bantu turunkan berat badan? Cek daftarnya di SINI !



Simak Video "Mie Ayam Hijau dari Sari Sayuran, Rasanya Gimana?"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com