5 Manfaat Bayam Untuk Turunkan Berat Badan dan Cegah Kanker

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 24 Jul 2021 07:00 WIB
Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Bayam menyimpan nutrisi penting untuk tubuh. Oleh karenanya manfaat bayam sangat beragam. Untuk menurunkan berat badan hingga mencegah kanker.

Bayam salah satu sayuran yang umum ditemui di Indonesia. Biasanya orang Indonesia mengolam bayam sebagai sayur bening, campuran gado-gado, hingga keripik bayam yang renyah gurih.

Banyak juga yang mengolah bayam sebagai campuran salad. Bayam juga bisa dijadikan campuran smoothies yang sehat bersama buah atau sayur lainnya.

Dilansir dari Eat This (20/7), bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisinya juga tinggi berupa vitamin C, vitamin K, asam folat, iron, serat, dan kalsium. Kalori bayam juga rendah yaitu 7 kcal (per 100 gram), seperti dikutip dari Medical News Today.

Berikut 5 manfaat bayam bagi kesehatan.

1. Turunkan Berat Badan

Manfaat Bayam Bagi KesehatanManfaat Bayam Bagi Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto

Bayam diketahui mengandung kalori rendah. Oleh karenanya, bayam banyak dikonsumsi untuk diet. Biasanya dijadikan salad ataupun smoothies.

Sebuah penelitian pada 2014 yang diterbitkan oleh 'Appetide' menemukan kalau 38 partisipan wanita dengan kelebihan berat badan diberikan minuman yang mengandung ekstrak bayam. Dalam penelitian tersebut, terbukti adanya pengurangan nafsu makan hingga 95% dan 43% kehilangan berat badan.

Bayam juga mengandung serat dan zat antioksidan yang tinggi. Sehingga dapat melancarkan pencernaan setiap harinya dan metabolisme tubuh bisa bekerja secara baik.

2. Turunkan Tekanan Darah

Penyakit darah tinggi bisa membahayakan kesehatan. Namun kamu bisa mengatasi tekanan darah tinggi ini dengan cara alami. Salah satunya mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah.

Bayam bisa menjadi salah satu sayur yang baik dikonsumsi untuk penderita darah tinggi. Karena mengonsumsi bayam secara teratur dapat menurunkan tekanan darah.

Menurut penelitian tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition Research, bayam bisa menurunkan tekanan darah. Terlihat pada subjek penelitian yang mengonsumsi sup bayam selama 7 hari dan mengalami penurunan tekanan darah sistolik mereka.

Baca Juga: 5 Minuman Untuk Menurunkan Kolesterol Usai Konsumsi Banyak Daging

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Keripik Bayam"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com