Benarkah Kopi Bisa Deteksi dan Sembuhkan Anosmia? Ini Faktanya

Devi Setya - detikFood Selasa, 03 Agu 2021 06:00 WIB
Sering Buang Air Kecil Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya Foto: iStock

2. Kopi menyembuhkan anosmia

Anosmia terjadi ketika saraf yang bertugas mengirimkan sinyal dari hidung ke otak mengalami gangguan atau kerusakan. Penyebab anosmia bisa dikarenakan oleh berbagai hal, beberapa diantaranya karena flu, hidung tersumbat, sinusitis, tumor pada saraf penciuman atau Covid-19.

Dilansir dari Healthline (2/8), latihan mencium bau menjadi salah satu obat anosmia alami. Bubuk kopi bisa menjadi salah satu bahan untuk memancing fungsi indera penciuman.

Cara mengobati anosmia dengan kopi cukup praktis. Hirup aroma kopi selama 20 detik, kamu bisa menggunakan kopi bubuk yang ditaruh dalam wadah ataupun bisa mengandalkan kopi yang baru diseduh.

Lakukan latihan ini setiap hari sebanyak tiga kali dalam sehari. Biasanya anosmia akan lebih cepat sembuh dalam hitungan hari. Menikmati kopi juga bisa memancing fungsi indera perasa yang juga kerap tak berfungsi saat terserang anosmia.

5 Khasiat Kopi untuk Kehidupan Seksual yang BerkualitasBenarkah Kopi Bisa Deteksi dan Sembuhkan Anosmia? Ini Faktanya Foto: iStock



3. Kopi menyembuhkan Covid-19

Beberapa waktu yang lalu sempat beradar kabar jika kopi dapat menyembuhkan Covid-19. Penelitian yang dilakukan seorang dokter bernama Li Wenliang menyebut orang dengan status positif Covid-19 akan sembuh setelah rutin minum kopi 3 kalo dalam sehari.

Disebutkan juga kandungan Methylxanthine, Theobromine dan, Theophylline dalam kopi yang membantu berperan sebagai penangkalnya. Namun ternyata kabar itu tidaklah benar alias hoaks.

WHO secara resmi menginformasikan minum kopi sebanyak 3 kali sehari tidak dapat menyembuhkan Covid-19. Kopi tidak terbukti secara ilmiah bisa mengusir dan menghilangkan virus Covid-19.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Mencicipi Kopi Khas Toba Racikan Hotman Tambunan Eks Pegawai KPK "
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com