8 Buah untuk Mencegah Flu dan Gangguan Pernapasan

Devi Setya - detikFood Kamis, 29 Jul 2021 08:00 WIB
kiwi Foto: iStock
Jakarta -

Buah-buahan mengandung vitamin, mineral dan serat. Kandungan nutrisi buah juga bisa diandalkan untuk mencegah flu dan gangguan pernapasan.

Flu, batuk dan pilek biasanya akan berhubungan langsung dengan sistem pernapasan. Tak jarang, orang yang mengalami flu akan merasakan sesak napas karena hidung tersumbat. Efek parahnya yakni mengalami anosmia atau hilangnya fungsi indera penciuman.

Banyak hal yang menjadi penyebab flu, misalnya suhu dingin, alergi debu atau infeksi karena virus. Cara alami mencegah dan mengobati flu adalah dengan memperkuat sistem imun. Ketika imun kuat maka tubuh tidak mudah terkena penyakit.

Dilansir dari Eat First (28/7) berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin yang ditemukan dalam buah mampu menjaga tingkat kekebalan tubuh sehingga ampuh melawan flu yang menyebabkan masalah pernapasan.

Sebuah studi yang dilakukan belum lama ini menemukan fakta bahwa orang yang makan 3 porsi atau lebih buah setiap hari memiliki 25% lebih sedikit mengalami masalah pernapasan dibandingkan orang yang hanya makan 1 porsi buah atau tidak sama sekali.

Berikut beberapa pilihan buah segar yang bisa diandalkan untuk mencegah flu dan gangguan pernapasan.


1. Buah kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin C dan E yang membantu melawan patogen dan bakteri penyebab berbagai penyakit. Buah berdaging hijau ini juga mengandung potasium setara buah pisang, tetapi dengan kalori yang lebih rendah.

Dalam 100 gram buah kiwi mengandung vitamin C sebanyak 92,3 mg. Jumlah ini dua kali lebih banyak dibandingkan jeruk. Salah satu fungsi vitamin C adalah memperkuat sistem imun.

Konsumsi kiwi secara rutin mampu mencegah flu, batuk dan gangguan pernapasan. Pada orang yang sakit, kiwi juga membantu meredakan flu dan meringankan hidung tersumbat.

2. Apel


Apel mengandung flavonoid, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Studi juga menemukan bahwa makan apel dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apel mengandung kalori, karbohidrat, vitamin dan mineral yang membuat tubuh tetap berenergi. Sebutir apel bahkan bisa menggantikan secangkir kopi di pagi hari.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Legit Bubur Kampiun Khas Minang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com