7 Makanan Mengandung Antivirus Alami yang Bantu Sembuhkan Anosmia

Devi Setya - detikFood Sabtu, 17 Jul 2021 10:00 WIB
Buah Zaitun Foto: shutterstock
Jakarta -

Banyak makanan yang mengandung nutrisi sekaligus antivirus yang bantu perkuat sistem imun. Beberapa makanan juga bahkan bisa mengobati anosmia.

Pasien positif Covid-19 ataupun yang sudah sembuh sekalipun kerap mengeluh kehilangan fungsi indera penciuman dan perasa. Kondisi ini dikenal dengan istilah anosmia. Secara alami, hal ini bisa sembuh dengan sendirinya tapi ada pengobatan alami yang membantu mempercepat proses penyembuhan.

Tak perlu mengandalkan obat kimia, banyak bahan makanan yang mengobati anosmia, selain itu bahan makanan ini juga mengandung antivirus alami. Sekali makan, kamu bisa dapat banyak manfaat sekaligus.

Beberapa makanan ini juga mudah didapatkan, misalnya saja bawang putih, kayu manis dan kunyit. Jika dikonsumsi secara rutin maka tubuh akan terhindar dari berbagai virus yang berpotensi menginfeksi tubuh.

Baca juga: Perkuat Imun, Jahe Tertulis dalam Al-Qur'an sebagai Bahan Minuman Surga

Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretan makanan yang membantu mengobati anosmia sekaligus memiliki sifat antivirus.

bawang putih dan bau badan priaFoto: iStock

1. Bawang putih

Bukan bumbu dapur sembarangan, bawang putih punya segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan. Salah satu khasiat bawang putih adalah sebagai pembunuh virus. Berbagai virus penyebab penyakit bisa dibasmi dengan mengonsumsi bawang putih.

Bawang putih dapat membasmi virus penyebab pilek, influenza, dan Human Papilloma Virus (HPV). Di samping itu, bawang putih juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menstimulasi sel pelindung tubuh.

Aromanya yang khas dan kuat juga membantu merangsang fungsi indera penciuman. Kamu bisa mengonsumsi satu butir bawang putih utuh untuk mengobati anosmia sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

2. Kunyit

Tumbuhan rimpang berwarna kuning ini kerap ditambahkan sebagai bumbu masakan. Tapi dalam ramuan herbal tradisional, kunyit banyak ditambahkan sebagai campuran jamu.

Kunyit memiliki senyawa antivirus dan antioksidan yang tinggi. Kunyiy juga membantu menjaga kesehatan hati yang bekerja menetralisir racun dalam tubuh.

Kunyit juga berperan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Secara alami kunyit membantu mengurangi terjadinya sindrom iritasi usus besar (IBS).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Nikmatnya Menyantap Ayam Goreng dengan Sup Iga"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com