Ini Perbedaan Daging Sapi dan Daging Babi ketika Dimasak

Riska Fitria - detikFood Jumat, 16 Jul 2021 11:30 WIB
Ini Perbedaan Daging Sapi dan Daging Babi ketika Dimasak Foto: Science Info
FOKUS BERITA Makanan Haram
Jakarta -

Banyak orang tak sengaja makan daging babi karena ketidaktahuannya. Padahal antara daging babi dan daging babi dapat dibedakan baik ketika mentah maupun setelah dimasak.

Selain daging sapi, ayam atau kambing, daging babi juga sering diolah menjadi berbagai masakan. Namun bagi Muslim, mengonsumsi daging babi adalah sebuah larangan dari Allah SWT.

Terkadang Muslim tak dapat membedakan mana masakan yang terbuat dari daging babi mana yang terbuat dari daging sapi. Seperti yang baru-baru ini terjadi, seorang pria Muslim tak sengaja makan babi saat pesan makanan di ojol.

Biasanya olahan daging babi memiliki istilah nama sendiri. Mulai dari lapchiong, bakut, char siu, lard, ham, samcan, sekba dan lainnya.

Selain namanya, daging babi juga dapat dikenal dengan ciri-cirinya, seperti warna, tekstur dan aroma. Cirinya dapat dikenal baik ketika masih mentah atau ketika sudah dimasak.

Baca Juga: Pria Muslim Tak Sengaja Makan Babi saat Pesan via Ojol, Ini Hukumnya dalam Islam

Perbedaan Daging Babi dan Sapi Mentah:

1. Warna

Ini Perbedaan Daging Sapi dan Daging Babi ketika DimasakIni Perbedaan Daging Sapi dan Daging Babi ketika Dimasak Foto: Science Info

Daging sapi memiliki warna merah agak gelap disertai dengan lemak berwarna putih kekuningan yang khas. Sementara daging babi memiliki warna merah muda terang dengan lemak berwarna putih.

2. Tekstur

Ini Perbedaan Daging Sapi dan Daging Babi ketika DimasakIni Perbedaan Daging Sapi dan Daging Babi ketika Dimasak Foto: Science Info

Saat dipotong, tekstur daging sapi terlihat memiliki jaringan serat lebih halus daripada daging babi. Selain itu, irisan daging sapi juga terlihat lebih kasar. Saat dipegang dan ditarik, daging sapi terasa lebih alot.

3. Aroma

Daging sapi juga lebih beraroma lemak yang tajam daripada daging babi. Aroma daging babi lebih lembut ringan. Karnea lemak babi lembut lunak dibandingkan lemak sapi.

Perbedaan Daging Babi dan Sapi ketika Dimasak:

Daging babi juga dapat dibedakan ketika dimasak. Walau sebenarnya elemen warna daging tidak bisa dipakai untuk membedakan, terutama jika diolah menjadi steak. Namun, kamu bisa membedakan dengan ciri sebagai berikut:

Baca Juga: Viral 63 Ton Daging Sapi Oplosan Daging Babi, Ini CaraMembedakannya:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ada Nastar Berbentuk Babi, Begini Cara Bikin Cetakannya"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Makanan Haram
FOKUS BERITA Makanan Haram

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com