Konsumsi Ubi Jalar Bisa Tingkatkan Imun Tubuh, Ini Sebabnya

Devi Setya - detikFood Kamis, 29 Jul 2021 06:00 WIB
Konsumsi Ubi Jalar Bisa Tingkatkan Imun Tubuh, Ini Sebabnya Foto: Getty Images/4kodiak
Jakarta -

Ubi bukan hanya enak dan manis, kandungan beta karoten pada ubi terbukti bisa memperkuat sistem imun. Makin rutin makan ubi maka sistem kekebalan tubuh akan semakin kuat.

Selama ini banyak orang mengklaim ubi sebagai makanan yang menyebabkan kembung dan perut bergas. Padahal ubi punya nutrisi yang baik untuk kesehatan. Apalagi ubi juga punya rasa enak serta mudah diolah.

Dilansir dari EatThis (27/7) ubi jalar sebenarnya lebih sehat dibandingkan kentang. Namun saat ini orang lebih banyak konsumsi kentang dibandingkan ubi, terutama bagi para pelaku diet.

Konsumsi Ubi Jalar Bisa Tingkatkan Imun Tubuh, Ini SebabnyaKonsumsi Ubi Jalar Bisa Tingkatkan Imun Tubuh, Ini Sebabnya Foto: Getty Images/4kodiak

Kandungan karbohidrat dan serat pada kentang maupun ubi hampir sama, hanya saja ubi mengandung gula lebih tinggi. Tapi ubi punya keunggulan lain yakni mengandung beta karoten.

Megan Byrd, RD dari The Oregon Dietitian, menunjukkan bahwa salah satu efek utama dari makan ubi secara teratur adalah peningkatan sistem imun karena ubi merupakan sumber beta karoten.

"Ubi jalar sangat tinggi beta karoten, yang merupakan nutrisi yang sama dalam wortel yang memberi warna oranye," kata Byrd. "Beta karoten diubah menjadi Vitamin A dalam tubuh, dan digunakan untuk optimasi fungsi organ penglihatan, tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita! Vitamin A memainkan peran penting dalam meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap patogen tertentu, membantu menjaga kita tetap sehat dan bebas dari infeksi. "

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Medicine, Vitamin A dapat meningkatkan dan mengatur fungsi kekebalan tubuh dan memberikan pertahanan terhadap berbagai penyakit menular. Semakin banyak asupan vitamin A maka semakin kuat sistem imun tubuh.

"Vitamin A yang ditemukan dalam ubi jalar juga telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi, dan bahkan telah terbukti membantu mencegah penyakit autoimun," kata Byrd.

Konsumsi Ubi Jalar Bisa Tingkatkan Imun Tubuh, Ini SebabnyaKonsumsi Ubi Jalar Bisa Tingkatkan Imun Tubuh, Ini Sebabnya Foto: Getty Images/4kodiak

Dalam 100 gram ubi mengandung 709 IU vitamin A; 2,4 vitamin C; 0,26 vitamin E serta vitamin B kompleks. Ubi juga mengandug protein, serat, kalsium, fosfor hingga potassium yang baik untuk tubuh.

Ubi juga punya rasa yang lezat serta tekstur empuk. Ubi bisa diolah dengan cara direbus, dipanggang ataupun digoreng. Ubi juga bisa jadi campuran masakan.

Selain ubi, ada juga labu kuning yang mengandung vitamin A dan berbagai nutrisi lain. Rutin makan labu kuning juga turut memperkuat sistem imun tubuh.

Labu kuning mengandung vitamin A, C, potasium, magnesium, vitamin B2, vitamin E dan zat besi. Selain itu, labu juga kaya akan antioksidan seperti alfa-karoten, beta karoten dan beta cryptoxanthin.

Antioksidan ini bermanfaat untuk mencegah masuknya radikal bebas, sehingga meminimalisir tubuh terpapar penyakit kronis dan dapat meningkatkan sistem imun tubuh.



Simak Video "Masak Masak: Resep Korean Sweet Potato Bread"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com