Kalori Labu Kuning dan Manfaatnya untuk Anak-anak

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 17 Mar 2021 15:30 WIB
labu kuning Foto: iStock
Jakarta -

Kalori labu kuning tidak terlalu tinggi. Akan tetapi labu memiliki kandungan vitamin A dan juga serat yang sangat baik untuk tubuh.

Labu kuning memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang lembut. Selain orang dewasa, anak-anak juga disarankan untuk mengonsumsi sayuran yang satu ini. Mengandung tinggi zat gizi, labu kuning sering dijadikan sebagai menu makanan pendamping ASI (MPASI).

Dilansir dalam Healthline, 245 gram labu kuning mengandung kalori sebesar 49 kkal, 0,2 gram lemak, 2 gram protein, 12 gram karbohidrat, serta 3 gram serat.

Labu kuning juga mengandung vitamin A, C, potasium, magnesium, vitamin B2, vitamin E dan zat besi.

Setelah mengetahui kalori labu kuning, ini manfaat dari labu kuning untuk anak-anak:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi oleh proses metabolisme tubuh. Meskipun sangat tidak stabil, mereka memiliki peran yang berguna seperti menghancurkan bakteri berbahaya.

Radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh akan menciptakan keadaan yang disebut stres oksidatif yang dikaitkan dengan penyakit kronis, termasuk jantung dan kanker.

Labu mengandung antioksidan seperti alfa-karoten, beta karoten dan beta cryptoxanthin. Ini dapat menetralkan radikal bebas, menghentikan dari kerusakan sel.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Kalori labu kuning yang tidak terlalu besar ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk anak-anak. Labu kuning mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pertama, labu kuning mengandung beta-karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Studi menunjukkan bahwa vitamin A dapat memperkuat sistem kekebalan dan membantu melawan infeksi. Sebaliknya, orang dengan kekurangan vitamin A dapat memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah.

Kedua, labu kuning juga mengandung vitamin C yang terbukti dapat meningkatkan produksi sel darah putih, membantu sel kekebalan bekerja lebih efektif dan membuat luka sembuh lebih cepat.

Selain dua vitamin yang sudah disebutkan sebelumnya, labu kuning juga merupakan sumber vitamin E, zat besi dan folat yang baik. Semuanya terlah terbukti dapat membantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh.

labu kuninglabu kuning Foto: iStock

3. Melindungi Indera Penglihatan

Kandungan beta karoten dalam labu kuning memberi tubuh vitamin A. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A adalah penyebab kebutaan yang sangat umum.

Dalam analisis terhadap 22 penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa orang dengan asupan beta-karoten yang lebih tinggi memiliki risiko katarak yang lebih rendah secara signifikan, penyebab umum kebutaan.

Selain itu, ia mengandung vitamin C dan E dalam jumlah yang baik dan berfungsi sebagai antioksidan dan dapat mencegah radikal bebas yang bisa saja merusak sel-sel mata.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Labu kuning sarat dengan nutrisi yang baik untuk kulit. Labu kuning juga mengandung tinggi karotenoid seperti beta-karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A.

Studi menunjukkan bahwa karotenoid seperti beta-karoten dapat bertindak sebagai tabir surya alami. Karotenoid juga membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan sinar UV.

5. Menyehatkan Pencernaan

Si kecil susah buang air besar? Bunda bisa coba memberikan si kecil labu kuning. Labu kuning merupakan sumber serat yang bagus dan dapat membantu cegah iritasi pada usus mereka dan akan membunuh infeksi parasit seperti cacingan.

bola labu kuningbola labu kuning Foto: iStock

6. Tidur Lebih Nyenyak

Labu mengandung triptofan yang membantu tubuh berkembang menghasilkan serotonin kimiawi. Kebanyakan orang sudah familiar dengan bahan kimia khusus ini sekarang.

Serotonin terkait dengan kebahagiaan, kesejahteraan dan relaksasi sehingga membuat tubuh tidur lebih nyenyak.

7. Memasok Nutrisi Penting

Labu kuning mengandung magnesium dan fosfor yang dapat bermanfaat bagi tubuh si kecil. Tidak hanya berfungsi untuk kesehatan otak, tetapi juga pencernaan.

Labu kuning bisa dibuat dengan cara dikukus, digoreng ataupun dibuat menjadi dessert agar si kecil menyukainya.



Simak Video "Santap Nikmat Labu Kuning Dodol yang Punya Banyak Khasiat"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com