7 Makanan untuk Menyehatkan Paru-paru dan Saluran Pernafasan

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 27 Jul 2021 06:00 WIB
Buah Apple Foto: Istimewa
Jakarta -

Sesak nafas jadi gejala yang harus diwaspadai di masa pandemi Covid-19. Untuk mencegahnya, berikut tujuh makanan untuk menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan.

Sesak nafas jadi salah satu gejala yang sangat banyak dialami oleh pasien Covid-19. Sesak nafas juga menjadi tanda awal yang patut dicurigai adanya infeksi virus Corona pada paru-paru.

Selain kekuatan imunitas, kekuatan paru-paru juga harus diperhatikan karena virus yang tengah merebak menyerang langsung ke organ pernapasan ini. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin C, magnesium dan nutrisi lainnya diperlukan agar paru-paru tetap terjaga kesehatannya.

Buah dan rempah dikatakan dapat berfungsi sebagai 'obat' alami untuk mencegah dan mengatasi sesak nafas. Kandungan yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat.

Berikut ini 7 makanan untuk menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan, menurut Healthline (24/6):

buah bitFoto: iStock

1. Buah Bit

Buah bit memiliki warna merah keunguan yang menandakan kandungan antioksidannya yang begitu tinggi. Buah bit diperkaya akan magnesium, vitamin C serta karotenoid antioksidan yang punya peran penting terhadap kesehatan paru-paru.

Buah bit juga diperkaya akan nitrat yang terbukti dapat merelaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Bahkan suplemen buah bit juga sudah terbukti melalui penelitian dapat mengoptimalkan penyerapan oksigen dan meningkatkan performa paru-paru.

2. Kunyit

Kunyit punya kandungan antioksidan yang telah dipercaya secara turun temurun bersifat antiinflamasi yang mampu mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Kurkumin dikatakan sebagai komponen ajaib dalam kunyit yang punya banyak manfaat, terutama membantu meningkatkan kesehatan paru-paru agar fungsinya tetap optimal.

Pada penelitian yang dilakukan terhadap 2.478 orang, kurkumin terbukti memiliki khasiat yang sangat baik dalam meningkatkan fungsi paru-paru. Bahkan bagi perokok, kurkumin dalam kunyit dapat meningkatkan kesehatan paru-paru sebesar 9,2%.

Baca juga: Jaga Kesehatan Paru-paru SaatPandemiCovid-19 dengan 7 Buah Ini

3. Tomat

saus tomatFoto: detikFood/iStock

Makanan untuk menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan selanjutnya adalah tomat. Tomat dan produk olahannya punya kandungan likopen yang sangat baik. Likopen merupakan sebuah karotenoid antioksidan yang dikaitkan dengan fungsinya meningkatkan kesehatan paru-paru.

Pada penelitian tahun 2015, orang yang mengidap asma diberi perlakuan dengan diet tinggi tomat. Hasilnya mereka merasa jauh lebih baik bahkan hasil serupa juga didapatkan saat penelitian dilakukan kepada para mantan perokok.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki konsentrasi antiinflamasi termasuk polifenol serta vitamin C yang punya kekuatan untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Konsumsi minyak zaitun secara rutin bahkan juga dikatakan dapat membantu mengatasi gangguan pernapasan seperti asma.

Penelitian juga telah melakukan pengamatan minyak zaitun pada 871 pasien asma. Hasilnya mereka mengaku jauh merasa lebih baik dengan intensitas kambuh yang menurun setelah diberi perlakuan diet minyak zaitun.

5. Apel

Buah AppleFoto: Istimewa

Apel merupakan buah tinggi serat yang juga padat nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan secara menyeluruh. Apel mengandung flavonoid dan vitamin C yang membentuk suatu konsentrasi antioksidan yang tinggi sehingga tergolong makanan untuk menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan apel dapat mengatasi kegagalan paru-paru secara perlahan yang dialami oleh mantan perokok. Selain itu konsumsi apel juga dikaitkan oleh para ahli terhadap pengurangan risiko asma dan kanker paru-paru.

6. Ginseng

Ginseng menjadi obat alami yang paling sering diberikan kepada pasien penyakit paru obstruktif akut serta bronkitis akut. Efek antiradang, antioksidan serta antibakteri yang ada di dalam ginseng dapat membantu membersihkan paru-paru dari gangguan bakteri dan virus.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli juga membuktikan bahwa konsumsi ginseng dapat membantu memperbaiki jaringan pada paru-paru. Konsumsi ginseng juga disarankan untuk meredakan sesak nafas atau paru-paru yang telah terkontaminasi oleh virus.

7. Nanas

nanasFoto: iStock

Pada masa pandemi Covid-19, nanas menjadi buah yang memiliki dua manfaat sangat menguntungkan. Pertama manfaat kandungan vitamin C di dalamnya untuk meningkatkan imunitas serta membersihkan paru-paru.

Nanas memiliki antioksidan yang yang dapat berfungsi untuk membantu membersihkan kotoran yang menumpuk pada sistem pernafasan. Salah satunya melalui olahan jus nanas yang bisa dikonsumsi sebanyak 400 mililiter per hari dan membantu mengeluarkan toksin dalam paru-paru. Itu tadi tujuh makanan untuk menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan yang bisa kamu konsumsi rutin.

Baca juga: 7 Makanan Sehat untuk Paru-paru, Penting Dikonsumsi Saat Corona!



Simak Video "Riset Eijkman Ungkap 3 Gejala Umum COVID-19 yang Ditemukan Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/dfl)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com