7 Makanan Sehat untuk Paru-paru, Penting Dikonsumsi Saat Corona!

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 16 Des 2020 08:00 WIB
7 Makanan Sehat untuk Paru-paru, Penting Dikonsumsi Saat Corona! Foto: iStock
Jakarta -

Makanan merupakan sumber nutrisi yang diperlukan tubuh untuk berfungsi maksimal. Ada 7 makanan sehat untuk paru-paru yang bagus dikonsumsi rutin, apalagi di tengah pandemi Corona.

Paru-paru merupakan organ vital pernapasan yang kesehatannya perlu diperhatikan. Kesehatan paru-paru akan menentukan kesehatan pernapasan yang jika terjadi gangguan akan berakibat besar pada kesehatan tubuh.

Akhir-akhir ini pandemi virus Corona yang mewabah menjadi salah satu ancaman bagi paru-paru. Virus yang menular melalui droplet dan udara ini menjadi alasan untuk kita mengutamakan kesehatan paru-paru.

Virus Corona memiliki efek merusak yang cukup masif bahkan dapat menyebabkan kegagalan pernapasan hingga kematian. Agar paru-paru tetap sehat dan mampu melawan virus maka harus terus diperhatikan asupan nutrisi untuk paru-paru.

Berikut ini 7 makanan sehat untuk paru-paru, seperti dikutip dari Clean Eating (6/4):

1. Peppermint

7 Makanan Sehat untuk Paru-paru, Penting Dikonsumsi Saat Corona!7 Makanan Sehat untuk Paru-paru, Penting Dikonsumsi Saat Corona! Foto: iStock

American Cancer Society merekomendasikan penggunaan peppermint sebagai rempah untuk merawat kesehatan paru-paru. Pada sebuah penelitian di Iran, peneliti menemukan bahwa partisipan yang minum air dengan campuran peppermint mengalami peningkatan dalam sisi kesehatan pernapasan.

Makanan sehat untuk paru-paru ini berguna untuk merelaksasi otot-otot pada bronkus. Cara konsumsinya bisa dengan menambahkan 3-4 tetes essential oil peppermint ke dalam 500 ml air.

2. Eucalyptus

7 Makanan Sehat untuk Paru-paru, Penting Dikonsumsi Saat Corona!7 Makanan Sehat untuk Paru-paru, Penting Dikonsumsi Saat Corona! Foto: iStock

Eucalyptus menunjukan kemampuannya dalam mencegah penyakit bronkitis. Eucalyptus akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan essential oil yang mengandung jeruk nipis dan pinus.

Ekstrak eucalyptus sendiri biasa digunakan pada obat batuk. Jika ingin menggunakannya di rumah bisa dengan menambahkan beberapa tetes minyak eucalyptus pada semangkuk air hangat. Hirup dalam-dalam racikan ini untuk membantu memperbaiki pernapasan.

Baca Juga: 7 Makanan Pembersih Paru-paru yang Enak dan Sehat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Autentiknya Mie Sapi Pedas di Wo Ai Mie"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com