Rutin Minum Kopi Bagus untuk Kesehatan Hati, Ini Kata Peneliti

Devi Setya - detikFood Senin, 26 Jul 2021 05:00 WIB
Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan? Foto: Getty Images/iStockphoto/MartinPrescott
Jakarta -

Banyak orang mengandalkan kopi sebagai minuman pembangkit stamina. Tapi di samping itu, kopi yang dikonsumsi secara rutin juga ternyata baik untuk kesehatan hati.

Kandungan kafein dalam kopi memang memberi banyak dampak positif pada tubuh. Tak heran kalau sebagian besar orang mengonsumsi kopi sebelum memulai aktivitas. Kopi juga terbukti bikin mata melek dan mengusir kantuk.

Jika dikonsumsi secara tepat, kopi juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dilansir dari Eat This (24/7), manfaat konsumsi kopi kembali diungkap peneliti. Meminumnya secara rutin juga terbukti membantu menjaga kesehatan hati.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Public Health, orang yang sering minum kopi memiliki hati yang lebih sehat.

Para peminum kopi setidaknya memiliki risiko 21% lebih kecil terkena gangguan hati. Tak hanya itu, peminum kopi juga memiliki risiko 20% lebih kecil terkena penyakit hati kronis dan 49% lebih kecil risiko meninggal akibat masalah penyakit hati.

"Kopi dapat dinikmati dengan mudah dan berdasarkan penelitian, manfaatnya sangat besar untuk menjaga dan mencegah penyakit hati kronis," kata Dr. Oliver Kennedy, peneliti dari fakultas kedokteran Universitas Southampton di Inggris.

Berikut beberapa manfaat kopi untuk menjaga kesehatan hati:

1. Rutin konsumsi kopi menjaga kesehatan hati

Lewat penelitian yang dilakukan di Inggris, kopi terbukti membantu menjaga kesehatan hati. Studi ini meneliti hampir 495.000 orang yang rutin mengonsumsi kopi selama hampir 12 tahun. Orang-orang yang mengonsumsi kopi hitam terbukti memiliki hati yang lebih sehat.

Manfaat kesehatan hati ini juga didapatkan pada orang yang mengonsumsi kopi instan. Para peneliti berpendapat bahwa kopi hitam memiliki kadar antioksidan yang dua kali lebih tinggi. Antioksidan pada kopi ini telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kisah Lansia di Polman Gratiskan Kopi untuk Tiap Pengunjung Warung"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com