Minum Kopi Perkecil Risiko Terpapar Covid-19, Ini Cara Minum Kopi yang Tepat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 20 Jul 2021 07:00 WIB
Sering Buang Air Kecil Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Alasannya Foto: iStock
Jakarta -

Peneliti mengungkap minum kopi bisa perkecil risiko terpapar Covid-19. Namun supaya mendapat manfaat maksimal, ketahui cara minum kopi yang tepat.

Makanan dan minuman untuk cegah Covid-19 selalu menarik perhatian. Untuk kopi, belum lama ini peneliti Northwestern University mempublikasikan penemuannya pada jurnal Nutrients.

Mereka telah meneliti lebih dari 40 ribu partisipan di Inggris. Atas penelitian tersebut, muncul sebuah hipotesis bahwa infeksi virus Corona dapat diminimalisir dengan konsumsi kopi.

Peneliti mengatakan seseorang yang memiliki kebiasaan minum satu gelas kopi atau lebih per hari memiliki 10% risiko lebih rendah terinfeksi Covid-19 dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Hal ini karena kandungan antioksidan pada kopi yang mampu meningkatkan imunitas tubuh seseorang dalam melawan virus, termasuk Covid-19. Faktor lainnya adalah komponen antiinflamasi pada kopi.

Baca Juga: Minum Kopi Perkecil Risiko Terpapar Covid-19, Apa Benar?

"Konsumsi kopi memiliki korelasi dengan tanda-tanda inflamasi yang dihubungkan dengan beberapa gejala Covid-19 dan angka harapan hidup," tulis para peneliti.

Sebelum langsung menenggak kopi, ada baiknya kamu mengetahui cara minum kopi yang tepat. Hal ini agar kamu mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

Berikut cara minum kopi yang tepat seperti dirangkum detikfood dari berbagai sumber:

1. Waktu terbaik minum kopi

Peneliti Ungkap Efek Minum Lebih dari 1 Cangkir Kopi Tiap Hari pada PriaFoto: Getty Images/iStockphoto/SonerCdem

Healthline (19/7) mengungkap kafein pada kopi adalah stimulan yang mampu membuat tubuh tetap terjaga dan bahkan mendorong energi saat kamu membutuhkannya. Karenanya kopi paling bagus diminum pagi hari.

Hindari minum kopi setelah pukul 2 atau 3 siang. Kafein dapat membuat tidurmu terganggu nantinya. Seperti diketahui, kualitas tidur yang buruk akan berakibat buruk pula untuk kesehatan.

Secara terpisah, peneliti juga pernah mengungkap waktu terbaik minum kopi. Ternyata hal ini dipengaruhi dua faktor pada tiap orang yaitu usia dan kondisi tubuh mereka.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Kopi? Ini 2 Faktor Penentunya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Yamaha V80 Ini Disulap Jadi Kedai Kopi Tengah Malam"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com