5 Bahaya Minum Kopi Sebelum Sarapan Saat Perut Kosong

Tim Detikfood - detikFood Rabu, 14 Jul 2021 06:00 WIB
5 Cara Memakai French Press Agar Kopi Lebih Nikmat Foto: iStock
Jakarta -

Minum kopi bagi sebagian orang merupakan ritual sehari-hari yang tak bisa dilewatkan. Sebaiknya jangan konsumsi kopi sebelum sarapan. Ini 5 bahayanya.

Ada sejumlah bahaya kesehatan yang timbul karena konsumsi kopi saat perut kosong. Setelah bangun tidur umumnya perut kosong selama 6-8 jam. Perut kosong bisa diartikan sebagai keadaan dua jam sebelum atau setelah makan.

Ada sebagian orang yang terbiasa minum kopi sebelum sarapan. Ada yang minum kopi sembari sarapan. Tetapi idealnya kopi diminum setelah sarapan atau setealh perut diisi sedikit makanan atau tidak dalam keadaan kosong.

Berikut beberapa bahaya yang bisa timbul karena minum kopi sebelum sarapan atau saat perut kosong.

1. Gula darah melonjak

Sebuah studi kecil Juni 2020 di British Journal of Nutrition menemukan bahwa minum kopi hitam dengan perut kosong di pagi hari secara signifikan mengganggu sistem kontrol gula darah.

Kemampuan untuk mengatur kadar gula darah mengurangi risiko kondisi metabolisme seperti diabetes dan penyakit jantung. Orang yang sarapan sebelumnya tidak mengalami lonjakan glukosa darah.

A cup of esprJumlah Kalori Secangkir Kopi Hitam, Kopi Sehat yang Kaya Manfaatesso black coffee5 Bahaya Minum Kopi Sebelum Sarapan Saat Perut Kosong. Foto: Getty Images/iStockphoto/MarioGuti

2. Asam lambung naik

Meski rasanya pahit, kopi mengandung asam. Minum kopi dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan kadar asam lambung. Asam lambung bersifat korosif dan bisa merusak lambung jika didiamkan tanpa isi apapun apalagi ditambah dengan kopi.

Asam lambung meningkat membuat perut terasa mual, pusing hingga dapat menyebabkan vertigo. Sebagaimana dilansir dari Positive Med, kadar asam lambung yang tinggi dapat mengakibatkan sejumlah masalah pencernaan, seperti radang perut, rasa panas dalam perut serta sindrom iritasi usus besar.

"Kopi juga meningkatkan risiko sakit maag karena dapat merangsang keasaman di perut," kata Marvin Singh, direktur gastroenterologi integratif di Susan Samueli Integrative Health Institute di UC Irvine serta asisten profesor klinis kedokteran keluarga dan kesehatan masyarakat di UC San Diego, seperti dikutip LiveStrong.

Dalam studi September 2020 di Clinical Gastroenterology and Hepatology, peserta yang mengganti dua porsi kopi sehari dengan dua porsi air memiliki penurunan risiko asam lambung.

Lalu bahaya apa saja yang terjadi pada tubuh jika minum kopi sebelum sarapan? Cek info lengkapnya DI SINI !



Simak Video "Bikin Laper: Menyantap Whole Chicken Pakai Bakso Goreng Renyah"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com