Peneliti Ungkap Efek Minum Lebih dari 1 Cangkir Kopi Tiap Hari pada Pria

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 21 Feb 2021 05:00 WIB
Peneliti Ungkap Efek Minum Lebih dari 1 Cangkir Kopi Tiap Hari pada Pria Foto: Getty Images/iStockphoto/SonerCdem
Jakarta -

Kopi sering dipilih menjadi minuman pembangkit energi sepanjang hari. Sebuah penelitian mengungkap efek positif konsumsi lebih dari 1 cangkir kopi setiap hari pada kaum pria.

Kopi merupakan minuman berkafein tinggi yang punya banyak penggemar. Hampir sebagian besar orang dewasa pasti mengonsumsi kopi setidaknya 1 cangkir per hari.

Perdebatan efek samping yang ditimbulkan kopi masih ramai diperbincangkan di kalangan ahli. Beberapa mengatakan kopi dapat memberikan manfaat kesehatan yang baik. Seperti hasil penelitian baru-baru ini.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ Open mengungkap kaitan minum lebih dari 1 cangkir kopi tiap hari dengan penurunan risiko kanker prostat pada pria.

Tim peneliti menganalisa 16 penelitian terkait kopi yang berlangsung di tiga benua. Mereka menganalisa kebiasaan konsumsi kopi dan tanda-tanda kesehatan pada lebih dari 1 juta pria.

Peneliti Ungkap Efek Minum Lebih dari 1 Cangkir Kopi Tiap Hari pada PriaPeneliti Ungkap Efek Minum Lebih dari 1 Cangkir Kopi Tiap Hari pada Pria Foto: Getty Images/iStockphoto/SonerCdem

Peneliti mengatakan level konsumsi kopi terendah peserta penelitian adalah tidak minum kopi hingga 2 gelas per hari. Lalu untuk level tinggi sampai 9 gelas per hari.

Hasil penelitian menunjukkan, pria yang minum kopi paling banyak tiap hari memiliki penurunan risiko kanker prostat sampai 9%. Juga penurunan risiko kanker prostat lanjutan dan fatal masing-masing sebesar 12% dan 16%.

"Studi ini menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi kopi mungkin terkait dengan penurunan risiko kanker prostat, namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengeksplorasi mekanisme yang mendasari dan senyawa aktif dalam kopi," kata peneliti.

Mereka menambahkan, "Jika keterkaitan tersebut lebih jauh terbukti menjadi efek kausal, pria mungkin didorong untuk meningkatkan konsumsi kopi mereka sehingga berpotensi menurunkan risiko kanker prostat."

Namun perlu diketahui, manfaat baik dan efek buruk dari kopi bisa didapatkan tergantung dengan cara kita meminumnya. Mengetahui kesalahan meminum kopi dan menghindarinya juga penting untuk meminimalisir potensi gangguan kesehatan akibat konsumsi kopi.

Berikut ini merupakan kesalahan yang harus dihindari saat menikmati kopi menurut Eat This, Not That! (16/2):

1. Minum Kopi Pakai Gelas Kertas

Peneliti Ungkap Efek Minum Lebih dari 1 Cangkir Kopi Tiap Hari pada PriaPeneliti Ungkap Efek Minum Lebih dari 1 Cangkir Kopi Tiap Hari pada Pria Foto: Getty Images/iStockphoto/SonerCdem

Banyak orang yang menikmati kopi untuk dibawa ke kantor atau dinikmati dalam perjalanan. Karenanya kopi dikemas menggunakan gelas kertas yang praktis.

Menurut sebuah penelitian yang baru dilakukan oleh The Journal of Hazardous Materials, penggunaan gelas kertas sebaiknya dihindari. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan gelas kertas untuk minuman panas memungkinkan kandungan partikel plastik ke dalam tubuh melalui minuman.

"Kami tidak pernah ingin menjadi pengingat, tetapi fokus tentang material non-biodegradable saat ini sudah ada dimana-mana dan terakumulasi pada tubuh manusia dan kita tidak mengetahui dengan pasti efeknya pada kesehatan," kata Varun Kelkar.

Baca Juga: 5 Efek Minum Kopi Setiap Hari yang Terjadi pada Tubuh

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com