Efek Samping dan Bahaya Minum Kopi Instan Setiap Hari

Riska Fitria - detikFood Selasa, 05 Jan 2021 06:00 WIB
Efek Samping dan Bahaya Minum Kopi Instan Setiap Hari Foto: iStock
Jakarta -

Meski lebih praktis dalam penyajiannya, kopi instan ternyata bisa memicu efek negatif pada kesehatan tubuh. Ini alasannya.

Kopi instan banyak dipilih orang saat hendak menyeduh kopi baik di pagi, siang atau malam hari. Itu karena proses pembuatannya yang lebih praktis, yakni cukup menuang bubuk kopi dan seduh dengan air panas.

Kopi instan sendiri dibuat dengan melewati proses spray drying. Proses tersebut adalah menyemprotkan cairan kopi ke udara panas dengan suhu mencapai 248 derajat Celcius.

Efek Samping dan Bahaya Minum Kopi Instan Setiap HariEfek Samping dan Bahaya Minum Kopi Instan Setiap Hari Foto: iStock

Baca Juga : Pecinta Kopi, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Kopi Instan

Dari proses itu, kopi akan menjadi bubuk halus lalu mengering dan membentuk kristal kecil, karena airnya menguap. Selanjutnya, kristal kopi itu didinginkan dengan suhu -6 derajat Celcius.

Kopi akan membeku dan membentuk lembaran. Kemudian kopi tersebut dihancurkan menjadi butiran dan dihancurkan, sehingga membentuk butiran kopi instan yang kemudian dibungkus dalam kemasan plastik.

Efek Negatif Kopi Instan

Efek Samping dan Bahaya Minum Kopi Instan Setiap HariEfek Samping dan Bahaya Minum Kopi Instan Setiap Hari Foto: iStock

Kopi instan memang memiliki khasiat kesehatan sama seperti kopi biasa. Khasiatnya mulai dari meningkatkan metabolisme tubuh, bisa memperpanjang usia, mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan lainnya.

Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa kopi instan memiliki efek negatif jika dikonsumsi terlalu sering. Kopi instan dibuat agar lebih awet disimpan, tapi apakah itu sehat?

Kopi instan memiliki lebih sedikit kafein daripada kopi biasa. Hal ini terlihat cocok buat mereka yang mengurangi konsumsi kopi. Satu cangkir kopi instan mengandung 30 mg-90 mg kafein. Sementara kopi biasa mengandung 70 mg - 140 ml kafein per cangkir.

Meskipun itu tidak terlalu buruk bagi kesehatan, tetapi itu dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan bagi pecinta kopi.

Secara tidak sadar mereka akan minum lebih banyak kopi untuk mendapatkan asupan kafein hariannya. Selain itu, karena penyajian kopi instan sangat mudah memicu orang lebih banyak minum kopi.

Hal tersebut penting untuk dipertimbangkan, karena jika kamu memiliki kepekaan terhadap kafein, maka minum kopi terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan tidur dan sakit perut, laporHealthline (08/10/19).

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Bakso Beranak Petir khas Bakso Iga Timbul"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com