4 Hal Ini Akan Terjadi pada Jantung Jika Kamu Rutin Minum Kopi

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 04 Jun 2021 05:00 WIB
Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk Hal Penting Ini Foto: iStock
Jakarta -

Kopi bisa menyehatkan tubuh, namun juga memberikan efek buruk bagi yang sensitif terhadap kafein. Ada 4 hal yang akan terjadi pada jantung kalau kamu rutin minum kopi.

Kopi merupakan minuman yang saat ini menjadi gaya hidup baru untuk sebagian orang. Tak heran sekarang banyak sekali tersebar coffee shop. Kebiasaan minum kopi akan dikatakan menyehatkan kalau dikonsumsi secara tepat.

Seperti takaran minum kopi yang ideal bagi orang sehat dan tidak sensitif terhadap kafein adalah 2-3 cangkir kopi per harinya atau maksimal 4 cangkir. Namun, perlu diingat kalau yang dapat dikonsumsi rutin adalah kopi hitam tanpa perasa tambahan.

Kopi mengandung zat antioksidan yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga kopi bisa digunakan sebagai minuman penurun berat badan.

Tak hanya itu, ternyata kopi juga bisa menyehatkan untuk jantung. Selain menyehatkan, bisa juga memberikan beberapa efek buruk.

Dilansir dari Eat This (1/6), ada 4 hal yang akan terjadi pada jantung kalau rutin minum kopi.

1. Risiko Gagal Jantung Berkurang

Ternyata dengan minum kopi bisa memberikan manfaat dalam mengurangi risiko gagal jantung. Hal ini telah diuji dalam meta-analisis terbaru yang dilaporkan dalam jurnal American Heart Associantion.

Pengujian tersebut dilakukan oleh 3 partisipan dan hasilnya mereka melaporkan kalau minum kopi dengan jumlah lebih banyak memiliki risiko gagal jantung paling kecil. Faktanya dijabarkan oleh Framingham Heart Study yang menemukan adanya penurunan 5%-12% risiko gagal jantung dibandingkan dengan peserta yang tidak minum kopi.

Baca Juga: Viral! Wanita Pamer Bon Makan Malam di Bar Habis Rp 164 Juta Sekali Makan

2. Melawan Radikal Bebas

5 Khasiat Minum Kopi Panas vs Kopi Dinginkopi Foto: iStock

Sebagai salah satu minuman yang kaya zat antioksidan membuat kopi bisa melawan radikal bebas yang terjadi dalam tubuh manusia. Zat antioksidan pada kopi berasal dari polifenol.

Polifenol bertindak sebagai zat antioksidan untuk membantu melawan peradangan sistemik dan menetralisir radikal bebas. Sehingga kesehatan jantung bisa meningkat. Polifenol pada kopi juga menawarkan perlindungan dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah, kolesterol baik, menurunkan kolesterol jahat, dan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Unik! Menyeruput Kopi Rasa Nasi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com