Sah! Pengantin Ini Pilih Sekotak Bakso Goreng Jadi Mas Kawin

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 03 Jun 2021 14:30 WIB
Sah! Pengantin Ini Pilih Sekotak Bakso Goreng Jadi Mas Kawin Foto: Instagram/suarasemangat
Jakarta -

Jika biasanya mas kawin berupa uang tunai, logam mulia dan alat salat, pengantin di Banyumas ini punya pilihan berbeda. Sekotak bakso goreng dipilih jadi mas kawin mereka.

Pernikahan merupakan acara sakral yang menyatukan sepasang manusia. Dalam kepercayaan Islam, saat pernikahan mempelai pria harus menyediakan mas kawin untuk diserahkan kepada pengantin wanita.

Mas kawin tidak boleh memberatkan mempelai pria namun juga tidak boleh merendahkan mempelai wanita. Tetapi bagaimana jika mas kawin yang digunakan salam sebuah pernikahan berbentuk makanan?

Di kabupaten Banyumas, sepasang mempelai melangsungkan pernikahan dengan mas kawin yang tidak biasa. Jika biasanya mas kawin berupa uang tunai, logam mulia disertakan dengan seperangkat alat salat, pengantin yang satu ini justru menggunakan bakso goreng sebagai mas kawinnya.

Sah! Pengantin Ini Pilih Sekotak Bakso Goreng Jadi Mas KawinSah! Pengantin Ini Pilih Sekotak Bakso Goreng Jadi Mas Kawin Foto: Instagram/suarasemangat

Dilansir melalui akun Instagram suarasemangat (2/6) pernikahan sepasang mempelai yang berlangsung di Banyumas berhasil menarik perhatian netizen. Pasalnya, mahar atau mas kawin yang diberikan oleh mempelai pria kepada istrinya meliputi sekotak bakso goreng.

Baca juga: Unik! Pesta Nikah Ini Pakai Dekorasi dan Menu Serba Sailor Moon

Setelah akad nikah selesai dilaksanakan, proses pernikahan kedua mempelai tersebut dilanjutkan dengan acara resepsi. Kedua mempelai terlihat begitu mesra di pelaminan saat saling menyuapkan bakso goreng antar keduanya.

"Saya nikahkan, saya kawinkan anak saya Anis Dika Fadilah kepadamu dengan mas kawin seperangkat alat salat ditambah uang tunai sebesar Rp 500 ribu dan satu box bakso goreng, tunai," ucap bapak dari mempelai wanita selaku wali nikah.

Ijab qabul pernikahan tersebut kemudian dibalas oleh mempelai pria setelah dengan jabatan tangan kepada wali nikah perempuan. Ia terlihat begitu yakin dan sangat lancar mengucap ijab qabul pernikahannya.

"Saya terima nikah dan kawinnya Anis Dika Fadilah binti Surono dengan mas kawin tersebut dibayar tunai," ucap pengantin pria saat menjawab ijab qabul.

Sah! Pengantin Ini Pilih Sekotak Bakso Goreng Jadi Mas KawinSah! Pengantin Ini Pilih Sekotak Bakso Goreng Jadi Mas Kawin Foto: Instagram/suarasemangat

Dikonfirmasi oleh detikcom (3/6) para hadirin yang menyaksikan akad nikah tersebut terdengar heboh. Seperangkat alat salat, uang tunai senilai Rp 500 ribu serta sekotak bakso goreng mendampingi pasangan tersebut menjadi suami istri yang sah.

"Sah!" jawab para hadirin saksi pernikahan unik tersebut.

Pengantin yang diketahui melangsungkan pernikahannya di Rawalo, Banyumas ini lantas menuai banyak kritik terkait pernikahannya yang viral tersebut. Netizen menanyakan apakah pernikahan dengan mahar sekotak bakso goreng yang dilangsungkan pada (30/5) lalu bisa dikatakan sebagai pernikahan yang sah?

"Gak apa-apa itu, selama pihak perempuan menerima itu sah sah saja," tulis akun @catatan.fulann pada kolom komentar instagram.

"Temen aku dulu alat pancing lengkap. Dari joran untuk kasting, untuk dasaran, umpan, bering, mata kail. 3 set," tulis akun @rahman_tata12.

Baca juga: Menikah dengan Pizza Hingga Buah, 5 Pernikahan Aneh dengan Makanan



Simak Video "Mat Peci Si Penawar Es Tebu Harga Rp 500 Ribu yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com