7 Kesalahan Minum Kopi yang Bikin Gemuk dan Berat Badan Susah Turun

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 12 Des 2020 05:00 WIB
7 Kesalahan Minum Kopi yang Bikin Gemuk dan Berat Badan Susah Turun Foto: iStock
Jakarta -

Minum kopi memang bisa bangkitkan energi. Tapi untuk yang diet, hindari kesalahan minum kopi yang bikin gemuk berikut.

Kopi menjadi minuman populer untuk mengawali hari karena kandungan kafeinnya dipercaya bisa memasok energi sepanjang hari. Kopi juga sering dikonsumsi saat orang mulai mengantuk dan untuk mengembalikan fokus.

Kopi mengandung antioksidan yang baik untuk jantung. Pilihan kopi yang tepat juga bisa bantu bakar kalori pada tubuh.

Namun, kesalahan saat minum kopi punya efek buruk salah satunya menambahkan kalori secara berlebih pada tubuh. Kalori berlebih ini bisa dihasilkan melalui bahan-bahan yang ditambahkan pada secangkir kopi.

Berikut ini 7 kesalahan minum kopi yang bikin gemuk, seperti dilansir dari Eat This, Not That! (7/12):

1. Terlalu Banyak Pemanis

7 Kesalahan Minum Kopi yang Bikin Gemuk dan Berat Badan Susah Turun7 Kesalahan Minum Kopi yang Bikin Gemuk dan Berat Badan Susah Turun Foto: iStock

Kesalahan minum kopi yang bikin gemuk ini adalah menambahkan terlalu banyak pemanis. Pemanis memiliki efek yang buruk bagi tubuh. Baik dalam menambah kalori yang tidak dibutuhkan maupun memengaruhi pencernaan.

"American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi gula tambahan hingga 24 gram per hari untuk wanita dan 36 gram per hari untuk pria dan beberapa minuman kedai kopi berukuran besar dapat mengandung 80 gram," kata Lauren Harris-Pincus.

Baca Juga: Apa Benar Minum Kopi Bisa Bikin Tubuh Jadi Gemuk?

2. Terlalu Besar

Ukuran kopi terutama di kafe-kafe sangat beragam. Mereka menawarkan kopi dalam ukuran gelas kecil hingga sangat besar. Kopi dengan ukuran terlalu besar ditambah dengan adanya bahan pemanis di dalamnya akan menjadi sumber kalori terbesar.

"Bahkan minuman seperti Frappuccino manis dapat masuk ke dalam diet sehat dalam jumlah kecil, dengan batas dosisnya adalah 350 ml," kata Harris-Pincus.

3. Kopi Sebagai Makanan Utama

7 Kesalahan Minum Kopi yang Bikin Gemuk dan Berat Badan Susah Turun7 Kesalahan Minum Kopi yang Bikin Gemuk dan Berat Badan Susah Turun Foto: iStock

Kesalahan minum kopi yang bikin gemuk selanjutnya adalah menjadikan kopi sebagai 'makanan' utama. Padahal faktanya, kopi bukanlah makanan. Jadi hindari merasa kenyang hanya dari minum kopi.

"Kopi bukanlah makanan. Protein, serat, dan bahan makanan segar adalah kunci diet sehat dan seimbang untuk memberikan rasa kenyang dan mengatasi rasa lapar," kata Harris-Pincus.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com