Apa Benar Minum Kopi Bisa Bikin Tubuh Jadi Gemuk?

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 22 Nov 2020 05:00 WIB
Minum Kopi Bikin Gemuk Foto: iStock
Jakarta -

Sebagian orang ada yang tak bisa hidup tanpa minum kopi. Padahal beberapa ahli mengatakan kalau kopi bisa bikin tubuh jadi gemuk. Ini penjelasannya.

Kopi, salah satu minuman yang menyehatkan. Tapi, kopi juga bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan jika tak dikonsumsi dengan benar. Salah satunya bisa bikin tubuh menjadi gemuk.

Apa kandungan kopi yang bisa bikin tubuh menjadi gemuk? Dilansir dari Healthline (25/8) Maria Zamarripa, ahli diet dari Amerika Serikat mengatakan kalau kandungan kafein pada kopi dapat menyebabkan turunnya kualitas tidur seseorang. Hal ini membuat sebagian orang mudah lapar dan menginginkan asupan gula yang berakibat nenambah asupan kalori.

Kafein memang bisa memberikan manfaat baik untuk tubuh kita. Seperti meningkatkan metabolisme, mempertajam fokus, menghilangkan stres dan lainnya.

Baca Juga: Kamu Merasa Lelah Setelah Minum Kopi? Ini Sebabnya

Dilansir dari BHG (29/8), kafein juga bisa menciptakan perubahan hormonal yang dapat memicu kenaikan berat badan. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Libby Weaver ahli biokima dan kesehatan wanita yang telah diakui secara internasional.

Minum Kopi Bikin GemukMinum Kopi Bikin Gemuk Foto: iStock

Menurut Weaver, kafein pada kopi dapat memengaruhi keseimbangan sistem saraf dan menyebabkan tubuh menyimpan lemak. Dalam bukunya 'Accidentally Overweight' Weaver memiliki klien yang minum kopi sebanyak 4 cangkir sehari dan ia bertambah berat badan hingga 3 kg.

Weaver pun akhirnya mencoba meyakinkan klien tersebut untuk mengurangi asupan kopinya per hari. Klien itu akhirnya hanya meminum 1 cangkir kopi sehari selama 4 minggu (1 bulan), dan bobot tubuhnya berkurang 4 kg.

Selain kandungan kafein yang bisa memicu tubuh menjadi gemuk, ada faktor lain. Faktor genetika seseorang juga berperan dalam menentukan seberapa cepat tubuh memproses kafein. Contohnya pada Gen CYP1A2 sangat cepat dalam berperan memproses kafein pada tubuh.

Tak hanya mempengaruhi metabolisme tubuh, kafein juga bisa memengaruhi kualitas tidur seseorang. Ketika tidak bisa tidur nyenyak, tubuh menghasilkan hormon Leptin dan Ghrelin. Hormon tersebut diketahui dapat meningkatkan nafsu makan.

Minum Kopi Bikin GemukMinum Kopi Bikin Gemuk Foto: iStock

Jenis kopi yang diminum juga bisa menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Tidak akan terjadi masalah kalau mengonsumsi kopi hitam. Penelitian menunjukkan kalau kopi hitam seperti espresso atau kopi hitam tanpa gula dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Yang harus dicermati konsumsinya adalah penambahan bahan makanan lain, seperti tambahan gula, krimer, sirop, susu dalam kopi. Apalagi kalau racikan kopi itu dikonsumsi secara berlebih.

Baca Juga: Rutin Minum 2 Cangkir Kopi Hitam Sehari Bikin Panjang Umur



Simak Video "Minum Kopi Bersama Beruk, Solok"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)